Cuaca Panas, Parkir Mobil Sembarangan Bisa Sebabkan Kebakaran

Ilustrasi.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Cuaca panas akhir-akhir ini menyebabkan potensi kebakaran lebih tinggi daripada biasanya. Maka dari itu, kita wajib lebih hati-hati agar tidak ikut menyumbang kebakaran termasuk saat mengendarai mobil.

Seperti yang diketahui, kebakaran besar bisa dimulai dari api kecil yang merambat dengan cepat. Hal tersebut bisa terjadi pada kondisi musim kemarau panjang seperti sekarang ini.

Saat mengendarai mobil, pastikan untuk memarkir pada tempat yang aman agar mobil tidak terbakar atau memicu kebakaran yang lebih besar.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim pernah mengatakan setelah mobil digunakan cukup lama maka akan membuat area knalpot yang ada di bawah mobil panas.

“Saat memarkir mobil, ada baiknya memperhatikan apakah di area tersebut sudah steril dari benda-benda yang mudah terbakar seperti sampah kering, kertas, rumput kering dan sejenisnya,” ucap Ibrohim, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan knalpot yang panas setelah perjalanan lama bisa saja membuat benda-benda yang berada di sekitarnya terbakar dan memicu kebakaran lebih besar khususnya di musim kemarau.

“Pada dasarnya panas knalpot bisa membakar benda-benda yang kering dan tipis, sebaiknya diperhatikan agar kebakaran bisa terhindari,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan, selain dari knalpot kebakaran juga bisa dipicu barang mudah terbakar yang ada di dalam kabin seperti korek api dari gas, bahan bakar dan sejenisnya.

“Benda-benda mudah terbakar sebaiknya tidak ditinggal di dalam kabin selama mobil parkir di bawah terik matahari, di buku panduan juga sudah diingatkan untuk menghindari hal-hal tersebut,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan uap gas dari korek atau bahan bakar bisa saja mengalami bocor, sehingga di dalam kabin yang panas tersebut mudah sekali terbakar. Selain itu, perhatikan perangkat listrik yang ada di dalam kabin seperti charger dan sejenisnya, bila memang tidak digunakan sebaiknya dicabut.

“Kita tidak tahu seperti apa kualitas aksesoris elektronik yang ada di pasaran, sebagai langkah pencegahan sebaiknya dicabut semua elektronik yang tidak terpakai sebelum meninggalkan mobil di parkiran,” ucap Ibrohim.

Dengan langkah hati-hati tersebut, saat berkendara menjadi lebih aman dan dapat ikut serta mengurangi risiko kebakaran yang tinggi di sepanjang musim kemarau ini. [KOMPAS]

Related posts