Dua Senjata Api Jenis AK56 dan UZI Ditemukan di Pinggir Laut Aceh Tamiang

Dua Senjata Api Jenis AK56 dan UZI Ditemukan di Pinggir Laut Aceh Tamiang. (ist)

Aceh Tamiang (KANALACEH.COM) – Polres Aceh Tamiang menemukan dua Pucuk senjata api jenis AK 56 dan UZI yang berfungsi baik terkubur dalam satu lubang di tepi laut wilayah Kecamatan Manyak Payed.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muhammad Yanis, saat konferensi pers, Senin (10/10), mengatakan dua senjata api ini ditemukan dalam satu lubang yang sama pada Sabtu (07/10) kemarin.

Dijelaskannya, masing-masing senjata ditemukan dalam kondisi yang baik dan masih aktif bersama magazin dan amunisi.

Untuk AK56 terdapat 1 magazin dan 35 butir amunisi, sedangkan UZI  satu magazin dan hanya 1 butir amunisi dan dari pemeriksaan pihaknya, dipastikan senjata ini masih berfungsi.

Kapolres mengatakan, menindak lanjuti  imbauan Kapolda Aceh kepada seluruh satuan wilayah menjaga kamtibmas dan guantibmas, khususnya menjelang Pemilu 2024, Polres Aceh Tamiang  meningkatkan sosialisasi maupun berkomunikasi dengan masyarakat di wilayah hukum Polres Aceh Tamiang.

“Hasilnya masyarakat yang menelpon memberitahukan ada dugaan senjata api yang dikubur di tepi laut, saya mengerahkan Kasat Reskrim dan kasat Intel untuk melakukan penyelidikan dan mengecek langsung ke Lokasi yang diberitahukan oleh salah satu masyarakat tersebut dan ternyata benar ada dua pucuk senjata api.” katanya.

AKBP Muhammad Yanis mengapresiasi sikap warga tersebut karena telah berperan langsung dalam menjaga kamtibamas dan mencegah guantibmas di wilayah hukum Polres Aceh tamiang.

Kapolres juga mengajak kepada seluruh masyarakat melakukan hal serupa bila mendapati prilaku yang berpotensi mengganggu kenyamanan dan keamanan.

“Terkait senjata api, dalam setahun terakhir pihaknya telah mengamankan tiga pucuk api dengan jenis AK56 2 pucuk dan 1 pucuk senjata api jenis UZI, Senjata pertama diserahkan oleh seorang warga pada 6 April 2023,” terangnya.

Related posts