Lord Adi Sebut Masakan Aceh Punya Rasa Unik

Lord Adi Sebut Masakan Aceh Punya Rasa Unik. (mc/pka)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Lord Adi, pemenang Top 3 Master Chef Indonesia Season 8 mengaku belum pernah merasakan masakan yang disajikan di Pasar Kuliner Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8.

“Masakan traditional Aceh sangat liar biasa dan khas,” ungkap Lord Adi saat menjadi juri lomba memasak makanan tradisional khas Aceh yang diikuti 21 kabupaten/kota se-Aceh, di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Sabtu, 11 November 2023.

Menurutnya masakan Aceh memiliki cita rasa yang asri dan unik, serta menggunakan banyak rempah-rempah, hampir mirip dengan daerah pesisir Padang.

“Tapi tempat saya agak beda sedikit, lebih banyak bumbu basah tapi kalau di Aceh banyak bumbu kering,” tambahnya.

Lord Adi mengatakan masakan Aceh memiliki ciri khas yang tidak akan ditemukan di daerah lain, sehingga patut dicoba dan dilestarikan. kalau kita ke Jawa tak akan menemukan masakan seperti ini. Jadi orang Aceh harus menjaga ini,” katanya.

Disisi lain, dalam lomba masak yang dilaksanakan di area pasar kuliner PKA-8 itu, Lord Adi menyebutkan para juri akan menilai beberapa aspek yakni penggunaan rempah khas daerah kabupaten/kota, bumbu-bumbu Aceh, dan kreasi daging dan ikan. “Kekuatan rempah nilai utamanya dan juga kebersihan,” tuturnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa nanti malam dirinya juga akan melakukan demo memasak di area tempat perlombaan dengan menampilkan menu baru. “Nanti malam kita akan masak makanan khas, dan spesial sekali. Jadi kalian harus datang dan jangan sampai melewatkannya,” ungkap Lord Adi.

Related posts