Ie Seuum, Pemandian Air Panas di Aceh Besar yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Objek wisata Ie Suum Aceh Benar. (Foto: Ona09)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Kabupaten Aceh Besar tidak hanya terkenal dengan garis pantainya yang luas dan berpasir putih halus dengan gradasi warna biru laut yang mempesona. Namun, di daerah ini beragam potensi wisata alam yang bisa dijelajahi salah satunya pemandian Ie Seuum.

Secara harfiah, Ie Seuum memiliki arti ‘air panas’. Keberadaan sumber mata air panas yang berasal dari Gunung Seulawah ini memang telah diketahui masyarakat setempat sejak lama dan menjadi lokasi yang ramai dikunjunjungi wisatawan.

Lokasinya berada di Mukim Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar dan 45 kilometer atau 1 jam lebih perjalanan jika pengunjung memulai perjalanan dari Kota Banda Aceh.

Untuk mencapai tempat ini, pengunjung dapat melewati jalur Banda Aceh Krueng Raya terus menuju arah Lam Teuba atau melalui Bandara Sultan Iskandar Muda.

Di sini, pengunjung dapat marasakan sensasi berendam di air panas yang berada persis di kaki bukit Gunoeng Meuh (Gunung Emas), sambil menikmati indahnya perbukitan yang mengelilingi. Selain itu, traveler dapat melihat-lihat aliran air panas di sekitar kaki bukit yang berbentuk saluran-saluran kecil yang mengeluarkan asap.

Sumber air panas (ie seuum) mempunyai suhu kira-kira 85° Celcius, dengan volume air yang cukup besar, dan mempunyai empat sumber mata air. Banyak pembenahan di lokasi pemandian air panas alami ini pascatsunami.

Di sini terdapat tiga kolam permanen khusus anak, dan dua kolam untuk pria dan wanita. Di setiap kolam, ada petugas yang berjaga. Anak-anak mandi di kolam yang airnya tergolong dangkal.

Sementara untuk pria dan wanita, kolamnya dipisah oleh dinding yang menjulang tinggi. Di pintu masuk, tertulis larangan kaum adam memasuki area kolam lawan jenis.

Objek wisata ini buka 24 jam. Jadi di malam hari pun traveler dapat menghangatkan badan dengan berendam di sini. Pada malam hari, wanita diperbolehkan ke sana dengan syarat datang bersama keluarga. Beberapa pemuda setempat dengan ramah melayani setiap wisatawan yang datang.

Di Ie Suum, pengunjung dapat langsung menikmati sensasi mandi air panas, mandi sauna atau pun merebus telur. Khusus untuk merebus telur, dapat mengunjungi sumber air panasnya langsung.

Jaraknya tak jauh dari kolam. Hanya butuh waktu beberapa menit, telur yang ditaruh dalam air siap untuk disantap.

Setiap hari libur, khususnya akhir pekan, ratusan wisatawan lokal berdatangan dari sekitar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Seperti diketahui, air panas bumi mengandung belerang dan mineral lainnya dan dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Hangatnya air panas juga bisa dimanfaatkan untuk berendam, hal ini diyakini dapat menormalkan otot-otot yang kaku dan sebagai terapi ketenangan.

Ie Seuum menjadi persinggahan ideal bagi Anda berkeliling ke beberapa objek wisata lain di Kawasan Krueng Raya seperti Pantai Ujong Batee, Benteng Indra Pura dan Benteng Inong Balee.

Posisinya yang terasing dari wilayah pemukiman menghadirkan daya tarik tersendiri. Untuk mencapai lokasi pemandian, kita akan melewati jalan berkelok dan juga perbukitan di kaki Gunung Seulawah.

Sepanjang perjalanan, mata kita akan disajikan pemandangan alam perbukitan yang indah. Bagi Anda penggemar fotografi landscape, perjalanan menuju pemandian mungkin bisa menjadi surga buat berimajinasi mengembangkan kreativitas Anda.

Tidak hanya warga Aceh yang berkunjung ke pemandian air panas ini namun wisatawan asing terutama backpacker juga banyak yang mendatangi tempat ini untuk melepas lelah sambil menikmati air panas.

Selain bersantai di kolam sambil menikmati keindahan pemandangan alam yang ada sekelilingnya, ada beberapa pengunjung yang datang dengan tujuan terapi pengobatan. Bagi para pengunjung yang sudah berusia lanjut, pemandian air panas ini dipercaya dapat mengobati rematik, gangguan saraf dan penyakit kulit.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Besar Abdullah mengatakan, tempat ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari lokal maupun dari luar Aceh.

Bahkan kata dia, di waktu tertentu, lokasi wisata ini membludak. Namun, pihaknya tetap akan terus mengembangkan potensi wisata Ie Suum agar bisa berkembang ke depannya.

“Tentunya kita akan kembangkan lagi untuk bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi,” ucapnya.

Related posts