Peringati HKN, Kapus Babahrot Ingatkan Pola Hidup Sehat

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – UPTD Rawat Inap Puskesmas Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59. Kali ini, serangkaian kegiatan dilaksanakan di halaman Puskesmas setempat, Jum’at (15/12/2023).

Kegiatan bertemakan ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’ tersebut dihadiri oleh Camat Babahrot Drs Al Haris, Forkopimcam, aparatur desa, tenaga kesehatan, kader Posyandu dan Poswindu serta masyarakat setempat.

Kepala UPTD Rawat Inap Puskesmas Babahrot Bd. Masrita Wati, Str. Keb mengatakan, serangkaian kegiatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan sebagai pengingat agar setiap peserta bisa menjaga kesehatan.

“Kesehatan itu penting, maka oleh sebabnya dengan memperingati HKN ke-59 tahun 2023 ini saya mengajak kita semua untuk saling ingat mengingatkan dalam upaya hidup sehat,” ujar Masrita.

Selain itu, tambahnya, kegiatan tersebut juga berguna untuk menambah rasa kepedulian antar sesama, terutama perihal menjaga kesehatan dan juga dapat meningkatkan kekompakan serta kerja sama yang dapat diandalkan.

Masrita menuturkan, hal ini juga untuk membangun dan menumbuhkan pola hidup sehat, tujuannya agar dapat diaplikasi ke masyarakat di desa. Ia berharap agar para peserta kegiatan dapat bersama-sama pula bisa saling mengingatkan tentang menjaga kesehatan.

Kepada masyarakat, Kapus Babahrot berharap agar berperilaku dan menerapkan pola hidup bersih, hal tersebut untuk menjaga kesehatan sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena pada dasarnya, kesehatan tergantung dari diri masing-masing masyarakat.

“Untuk semua yang telah mendukung, dan berhadir dalam kegiatan ini, kami ucapkan terimakasih. Semoga kita selalu diberkahi kesehatan sehingga dapat beraktifitas dengan normal. Mari kita menjaga pola hidup sehat untuk membangun negeri,” ujarnya.

Selain melaksanakan senam sehat, kegiatan tersebut juga mengumumkan pemenang berbagai perlombaan seperti pemenang program UKS Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Posyandu terbaik, Posbindu terbaik, sekolah sehat, dan lomba kutip sampah.

Untuk BIAS, juara 1 diperoleh oleh SDN 10 Babahrot, juara 2 SDN 1 Babahrot, juara 3 MIS Blang Dalam, serta SDN 2 Blang Raja sekolah SD terfavorit. Sementara Posyandu terbaik 1 yaiitu Pos Jeruk Desa Alue Peunawa, terbaik 2 Pos Ubi Desa Alue Peunawa dan terbaik 3 Pos Pepaya Desa teladan jaya.

Selanjutnya, kriteria sekolah sehat di wilayah Puskesmas Babahrot juara 1 SMPN 1 Babahrot, juara 2 SDN 8 Babahrot, juara 3 SDN 9 Babahrot. Posbindu terbaik 1 didapatkan Pos Jeddah Desa Pantee Rakyat, terbaik 2 Pos Baiyrut Desa Teladan Jaya dan terbaik 3 Posbindu Nicosia Simpang Gadeng.

“Lomba kutip sampah juara 1 Pos Ubi Alue Peunawa, kedua Posyandu Simpang Gadeng, dan juara 3 Posbindu Blang Dalam. Inilah para juara kita untuk tahun 2023 ini. Selamat bagi para pemenang,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Abdya juga mengumumkan bahwa UPTD Rawat Inap Puskesmas merupakan Puskesmas terbaik dalam kabupaten setempat. Hal tersebut diumumkan pada pada peringatan HUT Korpri tahun 2023.

“Alhamdulillah pada peringatan HUT Korpri kemarin kita juga meraih predikat Puskesmas terbaik di Abdya. Ini berkat kerja keras dan kerja sama tim UPTD Rawat Inap Puskesmas Babahrot dengan lintas sektor. Terima kasih untuk semua yang sudah ikut memajukan Puskesmas yang kita cintai ini,” pungkas Kepala Puskesmas Babahrot Masrita.

Setelah senam dan rangkaian kegiatan yang berlangsung meriah itu dilaksanakan, Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Babahrot bersama Camat Babahrot beserta peserta lainnya juga melepaskan balon udara bertuliskan peringatan HKN ke-59. (*)

Related posts