Jelang Tahun Baru, Penumpang Bus dari Aceh ke Sumut Meningkat

Penumpang bus di Terminal Batoh, Banda Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menjelang tahun baru dan libur sekolah, penumpang bus di Terminal Batoh, Banda Aceh mengalami peningkatan hingga 100 persen.

Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Terminal Tipe A Banda Aceh, Heryanto mengatakan, peningkatan jumlah pengunjung memang sudah terjadi sejak satu pekan terakhir ini, sebab bertepatan dengan hari libur sekolah.

Biasannya, kata dia, pengunjung nantinya akan berangkat menjelang libur panjang akhir tahun, sementara armada bus yang berangkat setiap hari jelang libur dan tahun baru mencapai 28 unit.

“Menjelang libur ini tiap malamnya mencapai 800 penumpang. Meningkat mencapai 100 persen dan armada kita juga mencukupi,” kata Herryanto, Senin (25/12).

Peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan itu, kata dia mulai tanggal 22 dan malam 23 Desember dan hampir mencapai 900 penumpang.

“Namun untuk pengunjung yang datang ke Aceh ini saya lihat ada dua pilihan yaitu ke Takengon dan Sabang, dan kebanyakan dari mereka memakai kendaraan pribadi, dan untuk pengunjung yang menggunakan bus juga setiap tahunnya seperti ini dan biasanya mereka bertujuan bepergian ke Sabang,” ucapnya.

Untuk peningkatan pengunjung ini, kata dia tidak ada lagi karena lonjakan yang terjadi itu pada Jumat malam. karena hal ini diberengi dengan pekerja yang libur.

“Kalau seminggu lalu anak sekolah, untuk selanjutnya sebagian armada yang ada di terminal tipe A ini juga sudah penuh, sebagian dari pengunjung sudah memesan tiket jauh-jauh hari sebelum bepergian,”

“Sementara untuk arus balik mungkin akan terjadi pada malam Senin ini,” tambahnya. []

Related posts