TNI AL Halau Kapal Pengungsi Rohingya Saat Patroli di Perairan Sabang

Kapal TNI AL halau kapal Rohingya. (DOK. TNI AL)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bontang-907 yang sedang melaksanakan operasi dengan beberapa unsur KRI lainnya, menghalau sebuah kapal kayu yang mengangkut pengungsi etnis Rohingya dari luar negeri, saat melaksanakan patroli di Perairan Timur Pulau Weh, Sabang, Rabu (27/12).

Informasi yang diperoleh dari Dinas Penerangan Angkatan Laut, kejadian berawal ketika sedang melaksanakan patroli, KRI Bontang-907 menerima informasi dari Guskamla Koarmada I, tentang adanya kontak kapal yang diduga merupakan kapal pengungsi etnis Rohingya pada posisi 07 08 75 U – 096 04 84 T. Jarak 63 Nm.

Kemudian Heli Panther AS 565 MBe HS 1309 yang onboard di KRI Bontang-907 segera terbang untuk melaksanakan pemantauan patroli sektor laut dan terlihat adanya kontak visual kapal kayu dengan nama kapal SHWE YA DANAR 3 yang membawa pengungsi etnis Rohingya.

Selanjutnya dengan sigap, KRI Bontang-907 melaksanakan langkah shadowing dimana ini merupakan langkah pengamanan dan monitoring sampai akhirnya kapal kayu pengangkut pengungsi Rohingya tersebut berhasil dihalau keluar dari perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-India, sekaligus memastikan kapal tersebut tidak kembali keperairan Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali telah menegaskan bahwa, seluruh jajaran prajurit TNI AL agar senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan merespon cepat informasi yang diterima.

“Dan melaksanakan kerjasama dan bersinergi dengan instansi terkait, khususnya dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia,” katanya.

 

Related posts