Tips Memilih Kurma yang Bagus di Bulan Ramadhan

Perhatikan, begini cara paling sehat konsumsi kurma di Bulan Puasa
Ilustrasi, Buah kurma. (iStock)

(KANALACEH.COM) – Kurma jadi salah satu makanan buka puasa yang rasanya wajib ada di bulan Ramadhan. Berikut tips memilih kurma yang bagus untuk berbuka puasa.

Memilih kurma yang baik selama bulan Ramadhan tentunya tidak terbatas pada tampilan atau visual yang menarik hingga kemasan yang bagus.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Apalagi saat ini sedang muncul seruan untuk memboikot kurma yang diproduksi oleh Israel, imbas dari perang di Gaza yang tak kunjung reda.

Melansir berbagai sumber, faktor-faktor seperti sertifikasi halal, integritas kemasan, preferensi rasa, kondisi penyimpanan, umur simpan, dan berbagai hal lainnya tentu bisa jadi pertimbangan saat memilih kurma.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, Anda tentu bisa mendapat kurma dengan kualitas bagus yang bisa disantap saat berbuka puasa. Tapi di luar hal-hal tersebut ada juga tips memilih kurma yang bisa Anda lakukan.

Tips memilih kurma
Kurma disukai banyak orang karena rasa manisnya yang alami. Selain itu, kurma juga memiliki tekstur yang kenyal dan bisa diolah jadi makanan lain sesuai kesukaan Anda.

Kurma bisa diolah menjadi susu kurma, kurma goreng, bahkan bisa jadi topping untuk puding hingga kue. Tapi sebelum mengolah atau bahkan menyantap kurma, perlu tahu dulu beberapa cara memilih kurma yang bagus. Berikut tipsnya:

1. Warna yang kaya dan cerah
Kurma yang bagus memiliki warna gelap tapi terlihat cerah atau berkilau. Melansir berbagai sumber saat memilih kurma perhatikan tampilannya.

Kurma berkualitas tinggi biasanya memiliki warna gelap yang dalam tapi cerah. Mulai dari coklat keemasan hingga kuning tua tergantung pada varietasnya.

Warna yang kaya ini bisa jadi petunjuk bahwa kurma telah matang sempurna di pohon. Dengan begitu kurma memiliki rasa manis karamel yang alami.

2. Tekstur kenyal dan gemuk
Tekstur kurma yang kenyal dan montok mengacu pada rasa dan penampilan kurma berkualitas tinggi yang diinginkan. Saat memilih kurma, carilah kurma yang lembut saat disentuh tapi tampak lembab serta berair.

Kurma yang memiliki tampilan seperti ini menunjukkan bahwa kurma masih segar dan kadar airnya masih bertahan walau terlihat kering di luar.

3. Rasa yang intens
Kurma yang bagus menawarkan keseimbangan harmonis antara rasa manis dan kedalaman rasa dengan nuansa dasar. Mulai dari aroma seperti karamel hingga sedikit madu dan rempah-rempah.

Makanya, saat mencicipi kurma perhatikan kompleksitas profil rasanya. Nikmati kekayaan dan kedalaman setiap gigitan kurma.

4. Hindari kurma hambar
Hindari kurma yang rasanya terlalu hambar atau terlalu manis, karena mungkin tidak memiliki karakteristik rasa kurma premium yang diinginkan.

5. Kesegaran Dan Aroma
Saat membeli kurma, luangkan waktu sejenak untuk menghirup aromanya. Kurma segar mengeluarkan aroma harum yang memikat dan aromatik. Mengingatkan pada gula karamel dan buah-buahan kering.

Hindari kurma yang bau tidak sedap atau tanda-tanda basi. Pilihlah kurma dengan aroma yang menyenangkan dan mengundang, yang menunjukkan kesegaran dan kualitasnya.

Related posts