Satu Lagi Jenazah Diduga Etnis Rohingya Ditemukan di Perairan Calang

Satu Lagi Jenazah Diduga Etnis Rohingya Ditemukan di Perairan Calang. Dok. Basarnas)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Satu jenazah pria yang diduga berasal dari ethnis Rohingya ditemukan di perairan Calang, Aceh Jaya, pada Minggu, 24 Maret 2024.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain membenarkan adanya penemuan mayat tersebut. Kata dia, penemuan itu pertama kali dilihat oleh nelayan setempat. Lalu melaporkan ke pihaknya.

“Nelayan Aceh Jaya yang sedang melaut melihat jenazah yang terapung diperairan Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Pada posisi 3,5 Nm dan nelayan tersebut melaporkan kepada pihak terkait untuk bantuan SAR,” kata Al Hussain.

Mendapat informasi itu, pihaknya langsung melanjutkan operasi pencarian dengan menyisir arah barat perairan Calang dengan menggunakan 1 unit rubber boat Basarnas, BPBD Aceh Jaya dan 1 unit dari SAR Aceh Jaya.

“Pukul 16.14 WIB Tim SAR gabungan menemukan satu jenazah, pada Koordinat 4°37’0.48″N – 95°22’47.14″E, Radial 270°, 12 Nm Arah Barat dari Perairan Pantai Calang,” ucapnya.

Saat ini jenazah yang diperkirakan berusia 35 tahun itu dievakuasi ke RSUD Teuku Umar Calang.

Saat ini Tim SAR gabungan Standby di Posko Calang Kabupaten Aceh Jaya untuk mengantisipasi laporan warga terkait penemuan jenazah.

Diketahui, sebelumnya pihaknya juga menemukan 3 orang yang diduga warga Rohingya yang hanyut pasca kapal yang mengangkut ratusan pengungsi Rohingya terbalik di perairan Aceh Barat.

Related posts