Keuchik Diminta Segera Laksanakan Program Pembangunan Gampong

Keuchik Diminta Segera Laksanakan Program Pembangunan Gampong

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal SE, meminta kepada seluruh Keuchik (Kepala Desa) agar segera melaksanakan program-program pembangunan Gampong mengingat waktu tinggal 1 setengah bulan lagi.

“Gampong yang sudah dana ADG-nya di cairkan segera merealisasikan pembangunan mengingat waktu tinggal beberapa Minggu lagi,”ujar Illiza alam pertemuan dengan para Keuchik se-kota Bnada Aceh, Senin (2/11).

Dalam pertemuan ini, turut hadir Sekdakota, Asisten Pemerintahan, para Camat dan sejumlah Kepala SKPD dijajaran Pemko Banda Aceh, serta 90 Keuchik se-kota Banda Aceh.

Selain itu, Wali Kota Banda Aceh ini juga meminta Gampong yang belum mencairkan dananya, agar segera melengkapi syarat untuk proses pencairan.

Ia mengingatkan, pelaksanaan pembangunan Gampong harus dilakukan sesuai aturan dan mengutamakan transparansi. “Gunakan sesuai aturan, dan yang paling penting transparansi karena ini perlu untuk menjaga kepercayaan masyarakat,”paparnya.

Menurut dia, kalau semua Keuchik mengedepankan transparansi dalam proses pelaksanaan pembangunan gampong, maka kepercayaan masyarakat akan tumbuh dimana kemudian akan disusul dengan respect serta kontribusi dari masyarakat terhadap pembangunan Gampong.

Meskipun sedikit terlambat dari daerah lain, kata Illiza perses pencairan dana Desa di Banda Aceh dilakukan sesuai dengan mekanisme dan aturan. Ini perlu dilakukan agar tidak mengalami masalah hukum di kemudian hari.

“Terlambat sedikit kan gak apa-apa, yang penting sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku,” ujar Illiza.

Sementara itu, Kepala DPKAD Kota Banda Aceh, Drs Purnama Karya MM mengatakan, saat ini sudah 70 gampong yang mencairkan dana desa. Sisanya 20 gampong lagi diperkirakan akan cair pada akhir bulan ini.

“Gampong yang sudah membuat LPj 40 persen segera menyiapkan proses pencairan tahap kedua,”kata Purnama Karya dalam pertemuan tersebut.(Teuku Irawan)

Related posts