Banda Aceh Terima Penghargaan AMPL 2015

Walikota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal (tengah) foto bersama usai penyerahan AMPL award dari Bappenas. Foto: Dok Humas Pemko Banda Aceh

BANDA ACEH – Kota Banda Aceh meraih penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) 2015 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas untuk kategori pemerintah dengan inovasi layanan pengangkutan sampah berbasis website yang dirancang oleh Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3).

Anugerah AMPL diserahkan langsung oleh Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil kepada Walikota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal, pada acara Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) di gedung Pusat Perfilman H Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Rabu (11/11/2015).

Kabag Humas Setda Kota Banda Aceh Marwan menjelaskan, aplikasi layanan pengangkut sampa yang diberi nama eJadwal ini, memuat pola ketetapan waktu layanan pembersihan sampah di Kota Banda Aceh. eJadwal dapat diakses oleh seluruh masyarakat di website resmi DK3 Banda Aceh.

“Dinas Kebersihan dan keindahan Kota Banda Aceh telah mengembangkan aplikasi ini sejak dua tahun lalu, dan terinspirasi dari Kota Apeldoorn, Belanda. Dari laptop atau smartphone, masyakarat cukup mengetikkan kata kunci seperti nama jalan atau nama gampong, lalu akan muncul jadwal pengangkutan sampah lengkap dengan data armada, pekerja dan no kontaknya,” katanya.

Keuntungan dari aplikasi tersebut, kata Marwan, masyarakat bisa mengetahui jadwal pasti layanan pengangkutan sampah di tempat mereka tinggal, sehingga bisa mengeluarkan sampah tepat waktu dari rumah untuk selanjutnya diangkut oleh mobil sampah ke TPA.

“Kami mengimbau warga untuk mengecek jadwal ini, agar saat mengeluarkan sampah dari rumanya sesuai dengan jadwal pengangkutan sehingga tidak menyebabkan sampah menumpuk dan menimbulkan aroma tak sedap maupun mengganggu pemandangan,” ujarnya.

Hingga saat ini, kata dia, Dinas Kebersihan dan keindahan Kota Banda Aceh terus berusaha menyempurnakan aplikasi eJadwal, terutama terkait dengan update data. “Jika masih ada yang belum sesuai jadwalnya, masyarakat bisa langsung menyampaikan komplain kepada kami, kata dia lagi. “Layanan angkutan sampah DK3 Banda Aceh sudah mencakupi 51 jalan utama di 90 gampong.”

AMPL Award merupakan sebuah penghargaan di bidang air minum dan sanitasi yang digelar oleh Kelompok kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Bappenas. Kota Banda Aceh dinilai sebagai salah satu kota di Indonesia yang berhasil dalam hal peningkatan akses sanitasi. Kota lainnya yang mendapat penghargaan di bidang sanitasi ini antara lain Malang dan Bangka Belitung.[]

Reporter : Teuku Irawan/Banda Aceh

Related posts