Saat Pak Kadis DK3 Pemko Banda Aceh Angkut Sampah di Kampus Unsyiah

Kadis DK3 Pemko Banda Aceh, Ir Jalaluddin, saat membersihkan sampah di Kampus Unsyiah. FOTO : ist

SELASA pagi, 1 Desember 2015, telepon genggam milik Kanal Aceh berbunyi, dan sebuah pesan singkat masuk. Tertulis pesan, Rektor Unsyiah Samsul Rizal, dan buru-buru Waspada membuka pesan tersebut, dan ternyata pesan itu merupakan kiriman gambar yang menjelaskan tumpukan sampah di gerbang keluar pintu kampus, yang membuat sang rektor gundah.

‘Lihatlah, kampus telah menjadi tempat buang sampah, seperti gambar ini’ begitu isi pesan bergambar yang diterima Kanal Aceh dari Rektor Unsyiah.

Usai mendapatkan pesan tersebut, Kanal Aceh langsung meneruskannya ke Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Pemko Banda Aceh, Ir Jalaluddin. Dan tak lama kemudian yang bersangkutan merespon pesan, dengan penjelasan bahwa, pihaknya telah mengkomunikasikan perihal sampah tersebut dengan pihak Kasubbag rumah tangga Unsyiah.

Beliau juga menerangkan bahwa, sampah yang bertumpuk di Unsyiah itu, juga merupakan buangan dari Aceh Besar. Selama ini, terangnya, kami telah meletakkan dua kontainer sampah ukuran 10 kubik di tempat itu, tapi saat ini wadah kontainer sudah dan sedang diperbaiki. Dan nantinya, untuk mengatasi menumpuknya sampah di gerbang Unsyiah, dirinya akan menempatkan kembali dua kontainer ukuran masing-masing 6 kubik. “Namun, lahan untuk penempatan kontainer juga akan menjadi masalah nantinya,” terang Jalal kepada Waspada, Selasa (1/12) di Banda Aceh.

Rabu (2/12), Kanal Aceh menerima kiriman gambar dari anggota DPR Kota Banda Aceh, Irwansyah, dalam gambar tersebut, terlihat Kadis DK3 Kota Banda Aceh, Ir Jalaluddin, tengah membersihkan sampah di gerbang Unsyiah.

Saat dihubungi Kanal Aceh, Kamis (3/12), Jalaluddin menerangkan alasan dirinya turun langsung ke lapangan sekaligus ingin memberikan edukasi kepada masyarakat dikawasan untuk untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. “Inikan kampus kebanggan rakyat Aceh, malulah kita kalau jadi tumpukan sampah,” terangnya.

Menurut Jalal, perlu kesadaran semua pihak untuk menjaga kebersihan kampus, karena itu, pihaknya akan terus memberikan sosialisasi agar warga membuang sampah ditempat kontainer yang telah disediakan. “Sekarang sudah saya sediakan kontainer disini, dan harapannya, marilah kita jaga kebersihan kampus bersama-sama,” pintanya. [Saky]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan