Pemerintah Aceh komitmen tingkatkan mutu pendidikan dayah

Pemerintah Aceh komitmen tingkatkan mutu pendidikan dayah
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah didampingi Bupati Aceh Selatan, T. Sama Indra saat menghadiri maulid akbar di lapangan Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan (Dok. Humas Aceh)

Tapaktuan (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh berkomitmen untuk terus memprioritaskan peningkatan mutu lembaga pendidikan dayah dan pesantren yang ada di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dalam sambutannya saat menghadiri maulid akbar yang dipusatkan di lapangan Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan, Senin, (15/2/).

“Dayah telah membentuk ciri khas masyarakat Aceh yang kental dengan semangat keislaman dan peduli terhadap masyarakat kurang mampu seperti anak yatim dan fakir miskin. Karena itu, Pemerintah Aceh sudah sepakat untuk menjadikan peningkatan kualitas dayah sebagai salah satu program prioritas ke depan,” ujar Zaini Abdullah.

Ia menjelaskan, program pembangunan dayah sangat penting karena keberadaan lembaga tersebut dapat memberikan solusi dalam pembentukan akhlak islami dalam masyarakat.

“Dayah telah melahirkan banyak ulama sebagai pembina dan pembimbing umat. Keberadaan dayah atau pesantren ini harus terus kita perkuat, agar mampu menghadapi perkembangan zaman dengan tetap menjaga akidah dan moralitas,” ujarnya.

Zaini menambahkan, program penguatan dayah harus pula dibarengi dengan pembinaan terhadap kader ulama dan dai di daerah perbatasan dan terpencil.

“Keberadaan para dai dan ulama di daerah perbatasan dan terpencil ini penting untuk terus kita perkuat sebagai pelindung masyarakat Aceh dari pengaruh dan budaya tidak islami,” kata Zaini. [Sammy/rel]

Related posts