Puluhan tahun amblas, jalan di Aceh Utara tak kunjung diperbaiki

Puluhan tahun amblas, jalan di Aceh Utara tak kunjung diperbaiki
Ilustrasi jalan amblas, (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Puluhan kilometer jalan yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara amblas tergerus ke sungai. Ironisnya, kejadian tersebut telah berlangsung selama puluhan tahun. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki.

Pantauan Kanal Aceh di lapangan, Selasa (16/2) kemarin, kondisi jalan desa yang amblas tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat terpaksa harus berputar sejauh 1,5 kilometer.

Menurut warga, meskipun belum jatuh korban jiwa, kondisi tersebut sangat membahayakan warga yang menggunakan jalan tersebut, apalagi pada malam hari.

“Jalan Desa Blang Gurah dan beberapa jalan desa lainnya di Kecamatan Kuta Makmur telah amblas puluhan tahun lalu, namun kondisi paling parah terjadi pada 2014 lalu. Beberapa hari lalu dinas terkait pernah turun langsung melihat kondisi jalan dan berjanji akan memperbaiki jalan itu dalam waktu dekat,” ungkap Keuchik Desa Blang Gurah, Ismuhu.

Ia menambahkan, warga Blang Gurah yang tak berani melewati jalan rusak itu terutama pada malam hari, terpaksa harus berputar menggunakan jalan lain dan menempuh jarak kurang lebih 1,5 kilometer.

Masyarakat setempat, kata Ismuhu sangat mengharapkan pemerintah dan dinas terkait agar segera memperbaiki jalan tersebut dengan membangun tebing sungai. Apalagi setiap hari jalan itu dilintasi puluhan warga di beberapa desa tersebut.

“Jalan amblas ke sungai karena debit air sungai tinggi pada saat musin hujan tiba. Masyarakat mengharapkan pemerintah segera memperbaiki jalan itu sebelum jatuh korban jiwa,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts