Sebanyak 669 kg sampah terkumpul dalam aksi Banda Aceh Bersih

Sebanyak 669 kg sampah terkumpul dalam aksi Banda Aceh Bersih
Sejumlah anggota komunitas memungut sampah di pinggir pantai Alue Naga, Banda Aceh, Minggu (21/2)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dalam aksi Gerakan Banda Aceh Bersih untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Minggu (21/2) puluhan komunitas berhasil mengumpulkan sampah berupa kaleng, botol minuman, plastik, dan styrofoam sebanyak 669 kg yang dilakukan di dua tempat, yaitu di Darussalam sebanyak 536 kg dan Alue Naga sekitar 163 kg.

Dhahra, salah seorang peserta aksi menjelaskan aksi ini dilakukan dalam rangka mendukung kampanye #BebasSampah2020 yang memberi dampak positif terhadap lingkungan dan memotivasi masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan.

“Mahasiswa harus lebih peduli dengan lingkungan. Mereka harus sadar dampak yang ditimbulkan dari lingkungan yang kotor,” kata Dhahra.

Usai mengutip sampah, ratusan peserta berkumpul di Taman Hutan Kota BNI, Tibang, Banda Aceh untuk mendeklarasikan kampanye nasional Indonesia Bebas Sampah 2020 yang juga dihadiri oleh Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal.

Deklarasi ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Perwakilan komunitas di Banda Aceh, dibacakan oleh salah seorang anggota komunitas, Asrul Sidiq.

Deklarasi itu menyatakan komitmen untuk aktif berperan dalam kegiatan pengelolaan sampah yang diselenggarakan oleh pemerintah. [Aidil Saputra]

Related posts