Usaha perabotan rotan di Lhokseumawe digemari pasar lokal

Usaha perabotan rotan di Lhokseumawe digemari pasar lokal
Ilustrasi usaha perabotan rotan (Bisnis)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Usaha perabotan rotan asal Kota Lhokseumawe kini kian digemari oleh pasar lokal yang ada di Aceh.

Seperti diungkapkan Ilyas Adam Wahab, salah seorang pengusaha perabotan rotan di Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe yang mengatakan bahwa banyak hasil produksi kerajinannya dipasarkan ke sejumlah daerah di Provinsi Aceh.

“Kalau pesanan, selain dari warga Lhokseumawe sendiri, juga banyak pesanan datang dari Kabupaten Sigli, Bireun, Langsa, bahkan dari Medan, Sumatera Utara juga ada yang memesannya ke tempat kita,” ujar Ilyas di Lhokseumawe, Rabu (24/2).

Ilyas menambahkan, dari bahan rotan tersebut, dirinya memproduksi berbagai jenis perabotan rumah tangga. Mulai dari kursi, meja, lemari dan tempat tidur dengan berbagai bentuk dan variasi serta dikerjakan berdasarkan pesanan. Perabotan tersebut baru dikerjakannya jika ada yang memesan sesuai keinginan.

Sedangkan mengenai harga beragam perabotan rumah tangga dimaksud juga sangat bervariasi. Untuk kursi dan meja teras rumah seharga Rp850 ribu/set, untuk kursi ruang tamu mencapai Rp2,5 juta/set. Lemari dua pintu senilai Rp2,5 juta per unit, sementara lemari tiga pintu berkisar Rp6 juta per unit. Bahkan tempat tidur mencapai Rp6 juta per unit.

“Semua alat yang digunakan itu berbahan rotan asli dengan jenis rotan beto, rotan irit, rotan rimboi dan lainnya yang didatangkan dari Aceh Tengah. Sedangkan proses pembuatannya menghabiskan waktu selama 10 hari,” ujarnya.

Lonjakan pemesanan banyak terjadi menjelang bulan Ramadhan atau lebaran bila dibandingkan pada hari-hari biasanya. Sementara keuntungan bersih yang diperoleh dari usahanya tersebut setiap bulan mencapai Rp4 juta, ungkap Ilyas. [Antara]

Related posts