MPU imbau masyarakat laksanakan salat gerhana

MPU imbau masyarakat laksanakan salat gerhana
Poster salat gerhana di Banda Aceh (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk Faisal Ali mengimbau masyarakat Aceh untuk melaksanakan salat sunat gerhana untuk menyambut fenomena alam gerhana matahari yang terjadi Rabu (9/3) besok.

Tgk Faisal menegaskan selain salat sunat gerhana, masyarakat juga jangan lupa untuk melaksanakan salat wajib. Apabila masyarakat yang mempunyai kesibukan dan tidak bisa melaksanakan salat sunat gerhana itu menurutnya tidak masalah.

“Jangan karena shalat sunah gerhana, yang wajib malah ditinggalkan,” katanya kepada Kanalaceh.com, Selasa (8/3).

Ia menjelaskan untuk melaksanakan salat gerhana boleh dilakukan secara sendiri, tapi lebih baik jika dilakukan dengan berjamaah. Dikatakannya lagi, pelaksanaan salat sunat itu bisa dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka.

“Kalau pelaksanaan berjamaah juga disunatkan untuk membaca khotbah sesudah selesai shalat,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh, ada beberapa masjid di Banda Aceh yang akan mengadakan salat sunat gerhana berjamaah, yaitu Masjid Agung Al Makmur atau Mesjid Oman Lampriet, Masjid Al-Jihad Jeulingke, Masjid Jami’ Unsyiah Darussalam, Masjid Al-Fitra Keutapang, Masjid Al-Hayat Labui, dan Masjid Al-Muhajiri Lanud Blang Bintang.

Lalu Masjid Baiturrahim Ulee Lheue, SMPIT Nurul Fikri Darul Imarah, Masjid Ma’had As-Sunah Lampeuneureut, serta Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah Lueng Bata. [Aidil Saputra]

Related posts