Dokter Oz Indonesia : Kanker Serviks jangan dianggap sepele

Dokter Oz Indonesia : Kanker Serviks jangan dianggap sepele
Dokter Ryan Thamrin, host program dokter Oz Indonesia saat menghadiri sebagai pemateri Seminar Nasional Kesehatan di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh. (Kanal Aceh/ Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dokter Ryan Thamrin, atau lebih dikenal host program dokter Oz Indonesia mengatakan bahwa Tidak sedikit wanita Indonesia yang terkena kanker serviks (penyakit leher rahim) dikarenakan awal peneyebabnya dianggap sepele.

“kanker serviks bukan hal yang mudah didapatkan oleh seorang wanita, tetapi awal munculnya itu di sebabkan dari keputihan pada bagian wanita, gangguan Men, berlanjut pada infeksi dan akan menjadi salah satu faktor kecil terjadi kanker, jadi harus diperhatikan,” kata pembawa Acara OZ Indonesia ini, saat di wawancarai di salah satu ruangan gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Minggu, (20/3).

Ia menjelaskan bahwa kanker serviks ini sudah menjadi lifestyle yang akan mengancam kualitas kehidupan dan  ternganggu, dalam segi ekonomi, pendidikan maupun hubungan suami – istri.

“sebelum terjadi mohon dijaga hal – hal yang kecil dulu, , dan beberapa gejala wanita harus diwaspadai, itu misalnya gejala awal infeksi pada daerah kewanitaan,jika tidak hal itu akan muncul pada sosok wanita 5 -10 kedepan bila tidak diambil tindakan yang serius ,Maka berakrablah untuk wanita menjaga keputihan dan  pola makan teratur,” ujarnya.

Menurutnya kanker serviks bisa diamati sendiri oleh wanita, namun untuk memastikan diagnosa kanker serviks tersebut, mesti di periksa terlebih dahulu di rumah sakit. Selain kanker serviks, penyakit lain yang sering terjadi pada wanita ialah ovarium, infeksi vagina, dan kista.

“Kalau mengidap kanker serviks harus kuat. Jangankan kanker, tumor jinak saja siapa sih yang mau. Yang penting kuat psikis, kuat dukungan, dan kekuatan ekonomi,” imbuhnnya.

Ia menyarankan untuk  masyarakat Indonesia harus tetap pergi mengecek kesehatan ke rumah sakit meski merasa tubuhnya sedang sehat. Hal itu untuk mencegah penyakit dalam tubuh berkembang. [Fahzian  Aldevan]

Related posts