107.550 pelanggan PLN di Aceh akan dapat subsidi

107.550 pelanggan PLN di Aceh akan dapat subsidi
Ilustrasi petugas PLN. (Kompas)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan memberikan subsidi kepada 107.550 dari 1.254.391 pelanggan di Aceh.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PT PLN Persero Wilayah Aceh, Said Mukarram menyatakan, jumlah tersebut merupakan hasil pemadanan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dari pertengahan Januari sampai 11 Maret 2016.

“Jumlah itu sudah diusulkan ke PLN Pusat untuk diverifikasi lebih lanjut,” katanya di Banda Aceh, Senin (28/3).

Ia mengatakan pemerintah akan melakukan pencabutan subsidi listrik secara bertahap untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA (R-1).

Said menyatakan, langkah itu diambil oleh Pemerintah karena subsidi yang diberikan selama ini cenderung tidak tepat sasaran, sebab di antara pelanggan yang memakai arus listrik 2 sampai 4 ampare, di dalamnya tidak semuanya tergolong orang miskin melainkan ada termasuk masyarakat mampu.

Dari hasil survei lapangan, PLN menemukan banyak warga yang mampu malah menggunakan listrik golongan R-1.

“Hasil survei kami banyak orang mampu gunakan listrik bersubsidi 450 VA dan 900 VA, karena di rumahnya ada AC, mobil, motor, dan rumah beton lagi tetapi masih nikmati listrik bersubsidi,” katanya.

Ia menyatakan subsidi PLN Wilayah Aceh sekarang adalah pelanggan dengan tarif 450-900 VA. Jumlah pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA di Aceh saat ini berjumlah 650.247, sedangkan yang sosialnya 14.091 pelanggan.

Ada pun pelanggan rumah tangga dengan tarif 900 VA mencapai 359.406, sedangkan katagori sosial 12.700 pelanggan. “Jadi, lebih dari 90 persen yang masih disubsidi,” sebutnya.

Untuk itu, ia sangat setuju kebijakan pemerintah untuk pencabutan subsidi listrik bagi keluarga mampu, sehingga dana subsidi itu disubsidikan buat pemasangan jaringan terhadap rumah tangga belum berlistrik.

Apalagi, menurut Said di Aceh saat ini terdapat sedikitnya 10.403 rumah tangga belum teraliri arus listrik.

Kebanyakan rumah tangga tersebut berada di kawasan tengah dan pedalaman Aceh dengan mayoritas warga miskin kurang mampu, sehingga dengan sendirinya mereka juga belum bisa mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah.

“Rasanya kita malu, kalau punya mobil, AC, dan sepeda motor, tapi masih menkmati subsidi,” katanya.

Seharusnya, kata Said, subsidi ini harus tepat sasaran, karena masih banyak masyarakat di Indonesia yang membutuhkan bantuan dari berbagai sektor, seperti kesehatan dan pendidikan. [Antara]

Related posts