BPKS siapkan layanan satu pintu QICP

Ilustrasi - Kapal Pesiar Seabourn Odyssey. (Antara Foto)

Sabang (KANALACEH.COM) – Dalam rangka menyukseskan kegiatan Sabang Marine Festival 2016 (SMF) yang akan berlangsung pada tanggal 26-30 April mendatang, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menyiapkan layanan satu pintu untuk melayani check-in kapal-kapal yacht.

Layanan satu pintu itu sendiri bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses registrasi yang dilakukan tim Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai, Syahbandar (QICP) untuk kapal-kapal yang masuk ke Sabang.

Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan mengatakan, Unit Manajemen Kepelabuhanan BPKS telah memfasilitasi QICP untuk bekerja satu pintu, sehingga proses check-in kapal hanya berjalan selama 90 menit.

” Perkiraan kita, proses registrasi hanya membutuhkan waktu hanya 50 menit. Ini merupakan wujud kerja sama yang baik menciptakan layanan satu pintu untuk QICP,” jelas Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan.

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaen Abd menambahkan, terwujudnya pelayanan satu pintu bagi tim QICP penting untuk memaksimalkan pelayanan kepelabuhanan.

Diharapkan pula, dengan pelayanan maksimal ini dapat wujudkan imej positif bagi kapal-kapal asing yang singgah ke Sabang.

“Peran fungsi pemerintah di pelabuhan yaitu karantina, imigrasi, bea dan cukai serta syahbandar selama ini telah  berperan dengan baik dalam memberikan pelayanan check-in bagi kapal-kapal yang masuk kepelabuhan sabang. Jadi tidak hanya pada event Sabang Marine Festival 2016 ini saja melainkan pada pelayanan-pelayanan biasanya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Sabang Marine Festival, Fauzi Daud mengatakan, sejauh ini pihak panitia telah mendapatkan konfirmasi bahwa minimal ada sekitar 20 yacht yang akan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh BPKS.

“Dua yacht sudah tiba, kita tunggu kedatangan kapal-kapal lain, minimal 20 peserta sudah konfirmasi dan mereka akan tiba dalam beberapa hari ini sebagaimana yang telah dijadwalkan,” ujar Fauzi Daud.

Menyangkut dengan rangkaian kegiatan, Fauzi menjelaskan kegiatan Sabang Marine Festival akan dirangkai dalam berbagai kegiatan seperti Fun Bike dan jalan santai, lomba melukis, lomba pameran dan foto, serta aneka perlombaan rakyat seperti mancing, dayung, dan permainan rakyat, seperti bakiak, balap karung, tarik tambang panjat pinang, dan bawa kelereng.

“Semua kegiatan ini akan dilaksanakan sejak tanggal 24-30 April mendatang. Kita harapkan para peserta dari luar negeri ini dapat berbaur dengan masyarakat untuk mengikuti lomba-lomba rakyat yang kita laksanakan,” harapnya. [Diki Arjuna]

Related posts