Dukung pemerintah, PDIP gelar Rakornas kemaritiman pertama

Rakornas PDI Perjuangan dalam bidang Kemaritiman di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (24/4). (CNN Indonesia)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pertama bidang kemaritiman. Rakornas ini dilakukan sebagai bentuk sinergitas partai dalam mendukung visi misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Rakor ini diselenggarakan pada Minggu (24/4) di kawasan Ancol, Jakarta.

Menurut Ketua DPP PDIP bidang kemaritiman Rokhmin Dahuri, rapat kali ini difokuskan untuk menyempurnakan konsep kerja yang telah dimiliki pemerintah dalam memaksimalkan peluang Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Rokhmin mengatakan, kemaritiman merupakan keunggulan komparatif bagi Indonesia khususnya dalam sektor perekonomian.

“Indonesia merupakan negara archipelago terbesar sehingga frontir ekonomi masa depan terletak di pesisir dan lautan kita yang memiliki potensi pembangunan sekitar US$ 1,5 triliun,” kata Rokhmin dalam pembukaan rapat tersebut.

Rokhmin menyatakan jika pemerintah benar-benar bisa memaksimalkan potensi kemaritiman dalam pembangunan nasional, sektor-sektor lainnya juga bisa berkembang secara simultan.

“Sebelas sektor di antaranya industri perikanan, industri bioteknologi kelautan, industri sumber daya energi, pariwisata bahari, jalur perdagangan laut, dan sumber daya kelautan konvensional. Semuanya bisa lebih dikembangkan jika potensi kemaritiman kita maksimalkan,” kata Rokhmin.

Pada akhirnya, kata Rokhmin, pemaksimalan potensi maritim Indonesia bisa menyerap tenaga kerja sekitar 4,5 juta orang.

“Jika sektor kelautan ini digerakan secara profesional, Insya Allah satu per tiga permasalahan bangsa bisa terselesaikan.”

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani juga menyatakan industri maritim punya peran besar untuk kelangsungan sektor ekonomi Indonesia.

Karena itu, menurut Puan, rapat koordinasi ini merupakan bentuk sinergi partai bersama dengan visi misi pemerintah dalam memusatkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Sebagai partai pendukung Pemerintah dan fraksi paling besar di DPR, PDIP harus bisa punya visi dan misi yang sinergi dengan presiden. Ini merupakan implementasi kami,” kata Puan.

Lebih lanjut, Puan mengharapkan hasil rapat koordinasi hari ini dapat menjadi masukan bagi pemerintahan Jokowi dalam memaksimalkan hal tersebut.

Rapat koordinasi kali ini turut dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Koperasi dan UKMM Puspayoga, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Rencananya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya akan turut menghadiri Rakernas PDIP hari ini. Namun, Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP tidak terlihat menghadiri rapat dengan alasan menghadiri peringatan Hari Bumi di Banten. [CNN Indonesia]

Related posts