Mahasiswa protes Kopertis Wilayah XIII terkait kondisi Unigha

Ilustrasi. (Shutterstock)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sehubungan dengan kedatangan Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) XIII Aceh, Prof Jamaluddin ke Universitas Jabal Ghafur (Unigha), Sigli, Sabtu (30/4) besok, mahasiswa kampus setempat menyatakan akan melakukan aksi demonstrasi memprotes kebijakan Kopertis Wilayah XIII Aceh yang dinilai tak memedulikan nasib kampus tersebut.

Koordinator aksi dan juga Ketua Front Mahasiswa untuk Penegerian Unigha (FMPU), Wahyu Puasana mengatakan, apa yang dilakukan Kopertis Wilayah XIII Aceh kepada Unigha sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Aceh dinilai tak sesuai dengan visi Kopertis.

“Hal itu bisa dilihat sendiri dari keadaan kampus yang carut-marut, baik di segi fasilitas maupun pelayanan pendidikan. Kopertis XIII kami anggap gagal menjalankan tugasnya dalam memantau dan melakukan pengawasan terhadap PTS di Aceh, yang salah satu contohnya adalah Unigha,” kata Wahyu dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com, Jumat (29/4).

Ia menyebutkan, fungsi dan tugas pokok Kopertis di antaranya adalah melaksanakan pemantauan dan pengawasan penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan merencanakan, melaksanakan, dan memonitor pemberian bantuan kepada PTS.

Karena itu, pihaknya menuntut tiga hal kepada Kopertis Wilayah XIII Aceh terkait permasalahan tersebut. Pertama, pertangunggjawaban Kopertis Aceh terhadap kondisi Unigha yang carut-marut.

“Kedua, pertanggungjawaban Kopertis Wilayah XIII terhadap laporan pengelolaan keuangan di Unigha, di mana Unigha tidak memiliki laporan keuangan,” sebutnya.

Terakhir, ia menuntut Kopertis Wilayah XIII membenah diri dan benar-benar menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai visi Kopertis yang sebenarnya. [Sammy/rel]

Related posts