Mahasiswa lakukan aksi damai sambut Hari Buruh di Lhokseumawe

Aksi damai Hari Buruh (May Day) 2016 di Tugu Rencong Simpang Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Minggu (1/5). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhokseumawe ( KANALACEH.COM) – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) melakukan aksi damai dalam rangka menyambut Hari Buruh (May Day) 2016 di Tugu Rencong Simpang Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Minggu (1/5).

Ketua LMND, Fachrurazi, dalam orasinya meminta agar pemerintah menaikkan upah buruh bangunan dan industri, menghapuskan sistem ekonomi politik neoliberalisme dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Aceh.

Selain itu, mereka juga meminta pemerintah mencabut pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan menolak sistem pendidikan terintergrasi ASEAN.

“Juga menghentikan campur tangan modal asing di Indonesia dan tegakkan pasal 33 UUD 1945 karena pendidikan bukan ladang bisnis,” cetusnya.

Aksi tersebut dilanjutkan dengan berjalan kaki (long march) menuju Simpang Jam di Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti.

Di tempat tersebut, para mahasiswa kembali berorasi. “Cukup sudah apa yang kalian berikan kepada rakyat berupa kesusahan, terutama dalam bidang pendidikan. Padahal seharusnya rakyat kita saat ini sudah maju di bidang pendidikan,” ujar Fachrurazi.

Setelah berorasi, massa kemudian menuju Mesjid Islamic Centre. Massa kemudian mulai membubarkan diri pada pukul 11.00 WIB. [Rajali Samidan]

Related posts