Peserta kapal layar SMF 2016 nikmati City Tour di Banda Aceh

Peserta SMF 2016 dijamu dengan penampilan Ranub Lampuan di Museum Tsunami Aceh. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah peserta kapal layar (yatch) yang mengikuti Sabang Marine Festival 2016 yang terdiri dari pelbagai negara begitu antusias saat menikmati agenda city tour ke sejumlah lokasi wisata di Banda Aceh, Sabtu (30/4).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Reza Fahlevi melalui Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani, menjelaskan agenda city tour peserta SMF 2016 mengunjungi beberapa lokasi wisata sejak tiba pagi dari Sabang melalui Pelabuhan Ulee Lheue.

“Sekitar 36 peserta SMF kita jemput langsung di Pelabuhan Ulee Lheue dan langsung kita ajak ngopi pagi di Seutui. Selanjutnya langsung dibawa ke Museum Tsunami yang disambut dengan penampilan seni Aceh, Tari Ranub Lampuan dan Rapai Geleng,” sebut Rahmadhani.

Di Museum Tsunami Aceh, tambah Rahmadhani, peserta juga diajak melihat berbagai koleksi, dan fasilitas gedung mulai dari jembatan harapan, ruang audio visual, ruang kenangan, ruang sumur doa, lorong cerobong, ruang cahaya serta sejumlah koleksi peninggalan tsunami 2004 silam.

“Di Museum Tsunami, peserta begitu antusias saat melihat berbagai rekaman visual ganasnya musibah gempa dan tsunami di Aceh. Hal ini terlihat dari pemandu museum yang mencoba menjelaskan secara rinci keberadaan museum ini,” jelasnya.

Selain itu, peserta SMF dijamu makan siang disalah satu rumah makan khas Aceh yang selanjutnya diajak ke Pasar Atjeh untuk mencari cinderamata. Sebelum bertolak balik ke Sabang, mereka juga diajak singgah ke objek wisata kapal di atas rumah Lampulo yang berakhir di PLTD Apung Punge Blang Cut.

“Tentunya ini menjadi sebuah nilai tambah bagi Aceh dalam mengenalkan daerah tujuan wisata dalam rangka meningkatkan kesadaran wisatawan mancanegara untuk kembali mengunjungi Aceh di kesempatan lainnya,” harap Rahmadhani. [Sammy/rel]

Related posts