Masyarakat Glumpang Baroe keluhkan kekeringan sawah kepada gubernur

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat saat menghadiri peringatan Isra Mi’raj di Masjid Jami Baiturrahmah, Desa Cot Glumpang, Kecamatan Glumpang Baroe, Pidie, Sabtu (7/5) malam. (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Sigli (KANALACEH.COM) – Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Glumpang Baroe, Pidie bersama masyarakat kecamatan setempat mengeluhkan air irigasi untuk mengairi sawah di beberapa desa di kecamatan tersebut saat ini sedang mengalami kekeringan.

Keluhan itu disampaikan Muspika dan masyarakat kepada Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat menghadiri peringatan Isra Mi’raj di Masjid Jami Baiturrahmah, Desa Cot Glumpang, Kecamatan Glumpang Baroe, Pidie, Sabtu (7/5) malam.

Camat Glumpang Baroe, Marzuki mengatakan, tak adanya air yang mengairi sawah ini menyebabkan lahan sawah menjadi kering dan terancam gagal panen.

“Warga kami yang punya sawah saat ini resah karena air sawahnya kering,” ujarnya.

Ia menyebutkan, lebih dari sebelas ribu masyarakat yang berprofesi sebagai petani sebelumnya hanya mengandalkan air dari waduk irigasi dari Tiro.

“Kami berharap pembangunan waduk irigasi yang dibangun di Tiro secepatnya bisa diselesaikan, karena air yang mengairi sawah masyarakat kami bersumber dari sana.”

Menanggapi hal tersebut, Zaini Abdullah berjanji akan segera menindaklanjuti laporan tersebut dan menyelesaikan pembangunan waduk dengan dana yang ebrsumber dari APBN dan APBA.

Ia menambahkan pembangunan waduk irigasi di Tiro saat ini masih terkendala pembebasan lahan dengan masyarakat di sekitar waduk tersebut. [Rajali Samidan]

Related posts