7 Puskemas di Bireuen dapat Ambulan

7 Puskemas di Bireuen dapat Ambulan
BUPATI Bireuen, Ruslan M Daud, saat menyerahkan secara simbolis ambulan kepada kepala Puskesmas, Senin (9/5). FOTO : ist

Bireuen ( KANALACEH.COM) – Bupati Bireuen H.Ruslan M.Daud secara simbolis menyerahkan ambulan untuk 7 Pukesmas, senin (09/05) di Pukesmas Juli 1 Kecamtan Juli Bireuen.

Kadinkes Bireuen dr.Amir Addani M.Kes dalam laporannya mengatakan, ambulan itu bersumber dari APBN, tepatnya DAK 2015, sebanyak tujuh unit.  Dari 18 puskesmas yang ada di Bireuen, semuanya sudah mempunyai 2 unit ambulan. “Dengan adanya ambulan ini tak ada lagi pasien yang tak terujuk ke rumah sakit,” ungkapnya.

Dalam acara launching ambulan jemputan pasien rujukan, Bupati Bireuen H.Ruslan M.Daud  menyampaikan, “Warga atau pasien yang sakit dirumahnya harus dijemput ambulan untuk dirujuk ke rumah sakit pemerintah. Bidan Desa, Kepala Puskesmas dan stafnya  harus merujuk pasien sakit, diutamakan ibu hamil untuk di rujuk ke rumah sakit pemerintah, bukan ke rumah sakit swasta”. Harap Bupati Ruslan.

Ambulan itu harus dimanfaatkan dan digunakan untuk menjemput pasien yang sakit di rumahnya di pelosok Gampong di tiap-tiap Kecamatan. Sopir harus sigap dan peka serta perduli dan punya rasa kemanusiaan. Dan juga harus menjaga kedekatan antara paramedis dengan masyarakat.
“Mungkin saja yang sakit itu tak punya kendaraan untuk pergi ke  rumah sakit, ditambah cuaca dan kondisi hujan dan petir, jadi harus dijemput ambulan di rumahnya,” Paparnya.

Lanjutnya, Jika ada telpon atau laporan orang sakit para sopir langsung sigap, Karena ada nomor telpon yang tertera di mobil, jadi jangan sampai disalahgunakan oleh orang tak bertanggungjawab agar misi kita tak tercapai untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat kita semua, karena ini untuk kepentingan kita bersama.

Kepala puskesmas dan sopir ambulan agar menggunakan ambulan keliling itu sebaik mungkin untuk kemaslahatan masyarakat, memberikan pelayanan kesehatan yang prima. Bukan untuk mengantar warga ke pesta atau untuk mengangkut sayur, buah ataupun sawit.

“Jaga dan rawat dengan baik, karena tak mudah melobi pemerintah pusat untuk memberikan ambulan tersebut,”ujarnya Bupati Ruslan.

Ketujuh unit ambulan itu di tepung tawar oleh Abu Tumin Blang Bladeh. Bupati juga menyerahkan kunci mobil ambulan kepada kepala puskesmas. diantaranya Kota Juang, Kuala, Juli, Peusangan, Simpang Mamplam, Peulimbang dan Pandrah.[Rajali Samidan/rel]

Related posts