Frank de Boer tinggalkan Ajax

Frank de Boer. (Reuters)

Amsterdam (KANALACEH.COM) – Frank de Boer akhirnya memutuskan untuk berpisah jalan dengan Ajax Amsterdam. Ia belum memutuskan selanjutnya akan ke mana.

De Boer sebenarnya masih punya kontrak hingga 1 Juli 2017. Namun, ia memilih untuk memutus kontraknya, lebih dari setahun dari masa berakhirnya.

Pembicaraan sudah dilakukan oleh De Boer dengan petinggi-petinggi Ajax dalam beberapa bulan terakhir, tapi De Boer tetap pada keputusannya: meninggalkan Ajax.

“Kami menyayangkan kepergiannya. Tapi, begitu ia memberitahu bahwa ini adalah keputusannya sendiri, kami membuat keputusan untuk memutus kontrak atas kesepakatan bersama,” ujar Direktur Ajax, Edwin van der Sar, di situs resmi klub.

“Frank telah menjadi duta yang luar biasa untuk klub ini. Dia selalu meluangkan waktu untuk fans, media, proyek sosial yang dijalankan klub, dan juga sponsor. Belum tahu apa yang akan dilakukannya setelah ini,” lanjut Van der Sar.

De Boer, 45 tahun, mengawali karier sebagai pemain di Ajax bersama dengan saudara kembarnya, Ronald. Ia meninggalkan Ajax pada 1999 untuk bergabung dengan Barcelona dan baru kembali ke Ajax pada 2007, untuk menjadi pelatih tim junior mereka.

Pada 2010, ia menjadi pelatih tim utama. Di tangan De Boer, Ajax meraih empat gelar juara Eredivisie secara beruntun, dari 2011 hingga 2014.

Dominasi empat tahun Ajax berakhir setelah Phillip Cocu menangani PSV Eindhoven dan membawa PSV menjuarai Liga Belanda dalam dua musim terakhir.

Musim ini, De Boer sebenarnya berpeluang untuk meraih gelar juara Liga Belanda kelimanya sebagai pelatih. Namun, Ajax disalip PSV di pekan terakhir.

Butuh kemenangan, Ajax malah bermain imbang 1-1 dengan De Graafschap. Di sisi lain, PSV menang 3-1 atas PEC Zwolle.

“Saya menjalani masa-masa fantastis di sini. Pertama sebagai pemain, lalu dalam sedekade terakhir sebagai pelatih. Ajax telah memberikan kesempatan pada saya untuk menjadi pelatih dan saya selamanya berterima kasih untuk itu,” ucap De Boer.

“Setelah memenangi empat gelar beruntun, musim 2014/2015 berakhir dengan kekecewaan. Kami ingin memperbaikinya musim ini, kami sudah berusaha yang terbaik, tapi pada akhirnya tidak berakhir seperti yang kami inginkan.”

De Boer belum tahu akan berlabuh ke klub mana setelah ini. Ada kabar bahwa Everton meminatinya. Namun, De Boer juga mengatakan, menganggur selama semusim juga ada dalam opsinya.

“Saya akhirnya berpikir bahwa ini adalah waktunya untuk melakukan sesuatu yang lain. Saya pikir, ini yang terbaik buat saya dan Ajax. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan selanjutnya. Setahun tanpa klub juga ada dalam pilihan saya,” kata De Boer. [Detik]

Related posts