Gubernur letakkan batu pertama pembangunan gedung Dinas Syariat Islam

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menandatangani pembangunan Gedung Induk Kantor Dinas Syariat Aceh di Kompleks Dinas Syariat Islam Aceh, Selasa (28/6). (Humas Pemerintah Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Induk Kantor Dinas Syariat Aceh di Kompleks Dinas Syariat Islam Aceh, Selasa (28/6).

Peletakan batu pertama itu dilaksanakan sebelum acara berbuka bersama di lingkungan Dinas Syariat Islam. Selain itu, Zaini juga menandatangani prasasti dimulainya pembangunan gedung tersebut.

Dalam sambutannya, Zaini berharap kehadiran gedung baru itu nantinya dapat memicu semangat Dinas Syariat Islam untuk meningkatkan kinerja dalam upaya penerapan Syariat Islam di Aceh.

“Sejak syariat Islam diberlakukan di Aceh, telah banyak capaian-capaian yang sudah diraih, seperti peraturan perundang-undangan yang menjadi perangkat hukum terkait penerapan Syariat Islam,” kata Zaini.

Saat ini kata Zaini, tidak kurang dari 15 qanun tentang syariat Islam sudah disahkan. Beberapa instruksi dan peraturan gubernur terkait dengan penguatan pelaksanaan Syariat Islam juga sudah dikeluarkan.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Prof. Syahrizal Abbas menyampaikan bahwa setelah tsunami, gedung Dinas Syariat Islam yang lama mengalami kerusakan, akibatnya gedung tersebut sudah tidak kokoh lagi.

Untuk itu kata Syahrizal, pembangunan Gedung Induk yang baru sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas dan kinerja Dinas Syariat Islam.

“Untuk sementara waktu, pegawai dipindahkan ke gedung yang lain sambil menunggu gedung yang baru selesai dibangun,” ujar Syahrizal seraya berharap pembangunan gedung induk tersebut dapat selesai tepat waktu.

Untuk tahap pertama, Pemerintah telah menganggarkan dana senilai Rp2 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2016. Gedung tersebut diharapkan selesai dan dapat digunakan pada tahun 2018. [Sammy/rel]

Related posts