Polri siapkan rekayasa lalu lintas untuk lancarkan arus mudik

Ilustrasi mudik lebaran. (Antara Foto)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal, Boy Rafli Amar menyatakan Polri siap mengamankan dan menangani potensi kemacetan jalur mudik Lebaran tahun ini.

Beberapa langkah disiapkan Polri untuk mengurai kemacetan. Termasuk di jalur tol Brebes Timur, yang baru digunakan pada musim mudik tahun ini.

“Sudah dipersiapkan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi penumpukan arus demikan pengamanan disepanjang jalur rute,” kata Boy di Kantor KPAI, Jakarta, Rabu (29/6).

Boy mengatakan Polri juga akan mengantispasi jalur tol menuju pelabuhan yang kerap terjadi penumpukan kendaraan.

Sementara di pintu tol Cileunyi, antisipasi dilajulan dengan merekayasa terutama yang menggunakan jalur selatan menuju Nagreg.

“Pemantauan kami untuk dilakukan sistem buka arus dan pengalihan arus. Ada beberapa alternatif jalan yg sudah disiapkan untuk antisipasi penumpukan arus,” ujar Boy.

Selain rekayasa arus lalu lintas, Boy mengatakan Polri juga telah menyiapkan tim di masing-masing satuan kewilayahan. Tim tersebut bersenjata lengkap untuk mengantisipasi kejahatan jalanan yang menyasar masyarakat.

Sebelumnya, Boy mengatakan persiapan pengamanan arus mudik mencapai tahap akhir. Jajaran kepolisian, kata Boy, siap mengamankan masyarakat yang pulang kampung pada Lebaran tahun ini.

Polri akan melakukan gelar pasukan, hari ini. “Gelar pasukan secara serentak akan dilaksanakan di Polda Metro Jaya dan Mabes Polri itu untuk pusat. Sedangkan di daerah itu dilaksanakan oleh Kapolda dan Kapolres,” kata Boy.

Boy mengatakan Polri melibatkan 150.000 personel dalam pengamanan musim mudik Lebaran tahun ini. Mereka akan diterjunkan pada Operasi Ramadhania yang akan digelar mulai 1 Juli hingga 15 Juli.

“Di mana di dalamnya itu operasi kepolisian yang melakukan pendekatan preemtif dan preventif dalam tugasnya didukung oleh penegakan hukum dan deteksi dini,” ujar Boy. [Kompas]

Related posts