38 anggota Polres Aceh Utara naik pangkat

Anggota Polres Aceh Utara naik pangkat, Kamis (30/6). (Wol Photo)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Sebanyak 38 anggota Polres Aceh Utara resmi naik pangkat satu tingkat dari pangkat lama. Kenaikan pangkat yang digelar dengan cara upacara ini dipimpin oleh Kapolres, AKBP Wawan Setiawan di Aula Tribrata Polres setempat usai melaksanakan Apel Kesiapan Operasi “Ramadniya Rencong 2016”, Kamis (30/6).

Mereka yang naik pangkat diantaranya Kabagren, Eliadi, dari AKP ke Kompol. Kemudian empat orang Perwira Pertama dari Iptu menjadi AKP, lima orang dari Bripka naik ke Aipda, 18 orang berpangkat Brigadir menjadi Bripka dan enam orang dari Briptu naik ke Brigadir.

Dalam hal ini AKBP Wawan Setiawan mengatakan, pelaksanaan upacara kenaikan pangkat atau yang dikenal dengan sebutan “Korp Raport” merupakan salah satu dari program pembinaan karir bagi personel Polri yang dilaksanakan secara obyektif, adil, dan konsisten sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan memperhatikan pada penilaian aspek moral atau mental kepribadian, kemampuan, prestasi kinerja, pendidikan serta penilaian personel.

“Tentu kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi ini diberikan sebagai wujud penghargaan atau reward atas prestasi yang telah dicapai dengan dilandasi oleh sikap disiplin, loyalitas, dedikasi yang tinggi serta tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas,” ucapnya.

Selaku pimpinan, ia meminta kepada anak buahnya yang telah naik pangkat ini harus benar-benar menjaga kehormatan dan profesionalisme dalam menampilkan sosok anggota Polri yang bermoral, bermartabat sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat serta penegakan hukum.

“Untuk tugas itulah kita sebagai anggota Polri harus memilih kualifikasi bidang pengamanan yang tentunya dengan mempertajam dan meningkatkan kemampuan dalam menangani ganguan Kamtibmas seperti demo masa huru-hara, kerusuhan, terorisme, konfik horizontal maupun kelompok kriminalitas,” ucapnya lagi.

Diakhir acara, personel yang telah naik pangkat menjalani tradisi penyiraman air bunga dan menceburkan diri ke dalam saluran pembuangan di depan Mapolres yang dipenuhi lumpur berbau menyengat, setelah itu kembali dimandikan dengan menggunakan air yang bersih. [Wol]

Related posts