Rio Haryanto, dari Baku menuju Red Bull Ring

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto (tengah), dan rekan satu timnya asal Jerman, Pascal Wehrlein, memberikan tanda tangan kepada penggemar dalam acara jelang GP Austria di Red Bull Ring, Kamis (30/6). (Manor Grand Prix)

Spielberg (KANALACEH.COM) – Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto akan kembali beraksi di lintasan saat menjalani seri ke-9 Formula 1 2016 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 1-3 Juli.

Dua pekan lalu, Rio mencatat prestasi tersendiri pada GP Eropa yang untuk kali pertama digelar di Sirkuit Baku, Azerbaijan. Pada sesi kualifikasi, Rio berhasil mengunci posisi start ke-17. Posisi tersebut naik satu tingkat saat balapan menyusul penalti yang didapat Carlos Sainz Jr (Toro Rosso).

“Ya, ada tanda-tanda yang sangat positif di Baku, terutama karena saya mendapatkan hasil yang sangat kuat saat sesi kualifikasi,” kata Rio dalam rilis yang dikeluarkan Manor Racing.

Pada kualifikasi GP Eropa, Rio hanya tertinggal 0,116 detik untuk bisa masuk kualifikasi kedua (Q2). Rio dan rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, sudah membawa Manor ke posisi yang lebih baik dibanding tahun lalu.

“Semua kerja keras mulai terbayarkan. Buat saya juga, ini semua tentang perbaikan selangkah demi selangkah. Saya senang hasilnya sudah mulai terlihat,” kata Rio.

Saat balapan, Rio kembali harus menelan kekecewaan. Di tikungan 1 pada lap pertama, bagian depan mobilnya ditabrak Esteban Gitierrez (Haas).

Rio harus masuk ke pit untuk mengganti hidung mobilnya yang rusak. Selanjutnya, dia menyelesaikan sisa putaran balapan hanya dengan satu ban.

“Ya, itulah balapan. Itu merupakan penutup yang mengecewakan dari akhir pekan yang sangat kuat,” kata pebalap 23 tahun tersebut.

“Namun, kami tidak boleh membiarkan kekecewaan itu menutupi performa kuat saat latihan dan kualifikasi. Tim sudah melakukan pekerjaan luar biasa dan saya senang dengan perkembangan saya,” ujarnya lagi.

GP Austria kembali masuk kalender balap F1 pada 2014 setelah absen selama 11 tahun. Pada dua penyelenggaraan sebelumnya, Nico Rosberg (Mercedes) selalu menjadi pemenang.

GP Austria pertama digelar pada 1963 di Zeltweg Airfield. GP Austria lalu digelar di Asterreichring mulai 1970. Pada 1997, sirkuit ini diperpendek dan berubah nama menjadi A1 Ring. Balapan di sana berlangsung hingga 2003.

GP Austria lalu hadir lagi pada 2014 dan digelar di sirkuit yang sama, tetapi dengan nama berbeda yaitu Red Bull Ring. Rio punya catatan manis balapan di Red Bull Ring. Tahun lalu, dia berhasil finis di urutan pertama pada sprint race GP2 Austria. [Kompas]

Related posts