Muspika imbau warga amankan rumah sebelum mudik

Ilustrasi mudik. (Kompas)

Langsa (KANALACEH.COM) – Muspika Kecamtan Langsa Kota, Kota Langsa mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik lebaran Idul Fitri 1437 H agar memperhatikan keamanan rumahnya saat ditinggal dalam keadaan kosong.

Camat Langsa Kota, M Taufik menyatakan, pihaknya bersama Polsek dan Koramil setempat telah  mengeluarkan imbauan kepada para perangkat desa agar melakukan patroli guna memantau ketertiban lingkungan saat Idul Fitri nanti.

“Kami melibatkan aparatur desa untuk mendata jumlah rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya untuk mudik. Ini penting sebagai antisipasi terjadinya pencurian dan lain sebagainya,” ujar Taufik di Langsa, Jum’at (1/7).

Dia juga mengingatkan kepada warga yang akan mudik lebaran untuk mengunci dengan baik pintu dan jendela rumah. Matikan arus listrik serta kompor agar terhindar dari peristiwa yang tak diinginkan.

Diakui Taufik, pihaknya belum menyediakan tempat penitipan khusus kenderaan bermotor milik warga yang akan mudik. Namun bila diperlukan bisa menitipkan di Polsek atau Koramil setempat.

“Penetipan kendaraan roda dua atau roda empat secara khusus tidak ada karena kebanyakan warga mudik dengan kendaraan masing-masing atau sudah menitipkan di rumah famili atau sejawat mereka,” paparnya.

Farida, Warga Desa Alue Beurawe, Kecamatan Langsa Kota mengakui dirinya sudah mempersiapkan keamanan rumah sebelum mudik ke Banda Aceh untuk berkumpul bersama keluarga besarnya saat lebaran Idul Fitri nanti.

“Saya sudah buat kunci baru, ada rantai pula sebagai tambahan agar lebih aman. Lapor kepada perangkat desa bahwa rumah kosong ditinggal mudik. Agar lebih nyaman, saya minta tolong tetangga pantau keadaan rumah,” ujarnya. [Antaranews]

Related posts