Polres amankan rumah warga mudik

Ilustrasi pemudik. (Tempo)
--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Polres Abdya memantau dan memberikan keamanan terhadap rumah kosong yang ditinggal pemiliknya pada saat mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kapolres Abdya AKBP Hariajadi mengatakan, selain telah menyiapkan petugas khusus untuk melakukan pemantauan secara berkala terhadap rumah yang ditinggal penghuninya, polisi juga telah menyiapkan rest area di tiap-tiap kecamatan.

Rest area atau lebih dikenal dengan sebutan tempat beristirahat para pemudik di sembilan Polsek khusus untuk melayani masyarakat selama arus mudik dan balik sejak 30 Juni-15 Juli 2016.

Ads

“Kami juga telah menyiapkan pos pelayanan terpadu dan pos pengamanan di perbatasan Abdya dengan Kabupaten Aceh Selatan. Dengan adanya pos-pos tersebut kita harapkan dapat memberikan keamanan bagi warga yang bepergian,” katanya di Blangpidie, Jumat (1/7).

Sebanyak 2/3 dari jumlah personel di jajaran Polres Abdya diturunkan untuk memberikan kenyamanan terhadap pemudik, apalagi mulai Sabtu (2/7) arus lalu lintas sudah mulai ramai.

“Arus lalu lintas saat ini sudah mulai padat, terutama pada sore hari. Semua daerah rawan sudah kita siapkan petugas untuk memberikan kenyamanan kepada pengendara dalam menertipkan arus lalu lintas,” ujarnya.

Dalam menertipkan arus lalu lintas dan melakukan razia makanan dan minuman, polisi tidak bekerja sendiri, tapi dibantu oleh personel Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

“Alhamdulillah saat ini arus lalu lintas masih aman dan terkendali. Jadi, saya mengimbau kepada seluruh warga agar berhati-hati saat mengendara dan patuh terhadap petunjuk yang diatur oleh pemerintah,” tuturnya.

Hariajadi mengingatkan, bagi kendaraan yang berstatus tidak layak jalan agar diperbaiki dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik supaya dapat sampai ke tujuan dengan selamat.

Begitu juga dengan rumah, sebelum ditinggalkan dapat dipastikan listrik dan gas dalam keadaan mati.

“Jadi, warga yang melakukan mudik tidak perlu kuatir, karena kita telah menyiapkan personel dalam mengantisipasi permukiman, terutama memberikan keamanan pada rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya,” katanya.

Sementara itu Dandim 0110 Abdya Letkol INF Puji Hartono saat dihubungi mengatakan, pihaknya siap memback up polisi dalam menjaga keamanan dan memberikan ketertiban kepada seluruh pemudik termasuk menyiapkan rest area di tiap-tiap Koramil di sembilan kecamatan.

“Alahmduillah, situasi keamanan secara umum masih sangat bagus dan stabil. Kami sudah bicarakan dengan Kapolres terkait dalam memberikan kenyamanan pada warga berlebaran,” katanya. [Antaranews]

Ads