Besok, pengikut Abu Peuleukung di Nagan Raya rayakan Idul Fitri 1437 H

Para pengikut tarekat Syattarian melaksanakan shalat Idul Adha di Mesjid Jamik, Desa Peulekong, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya beberapa waktu lalu. (Kompas.com)

Suka Makmue (KANALACEH.COM) – Ribuan pengikut thariqat syattariah Abu Habib Muda Seunagan di Kabupaten Nagan Raya, Senin (4/4) besok dipastikan akan memperingati Hari Raya Idul Fitri 1437 H setelah umat muslim di wilayah ini tuntas melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini selama 30 hari kalender Islam.

Meski belum ada penetapan secara resmi dari pemerintah pusat, namun umat muslim pengikut tokoh kharismatik dengan sebutan Abu Peuleukung ini tetap akan merayakan hari kemenangan.

“Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1437 H ini dilakukan berdasarkan hisab yang dilakukan oleh sejumlah ulama termasuk ulama dayah di Nagan Raya sekitar satu bulan yang lalu, sebelum menentukan tanggal satu Ramadan,” kata Teuku Raja Keumangan SH selaku cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan, Minggu (3/7) siang.

Selain itu, pengikut jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat, melaksanakan ibadah puasa terakhir di bulan Ramadan 1437 Hijriah pada Minggu (3/7).

Artinya, Senin (4/7) besok mereka merayakan Idul Fitri 1437 H lebih awal.

Seperti yang dikutip dari Antara, salah seorang anggota Jamaah Naqsabandiyah di Kecamatan Kuranji, Elli Ujang, mengatakan kalau Minggu merupakan hari ke-30 mereka berpuasa.

Menurut ibu dari dua orang anak tersebut, kepercayaan tarekatnya berdasarkan perhitungan bulan atau malam sejak jauh hari.

“Kami berpuasa selama tiga puluh hari, meski jadwalnya berbeda dari kebanyakan orang,” kata Elli.

Dia juga memastikan akan melaksanakan takbiran pada Minggu malam dan Salat Ied pada Senin (4/7) pagi. [Serambi]

Related posts