Kemendikbud gelar acara persemaian nilai budaya

Kegiatan persemaian nilai budaya di GOR Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Selasa (26/7). (Ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Bireuen menggelar kegiatan persemaian nilai budaya dengan tema Memaknai Sejarah dan Budaya Memperkuat Karakter Bangsa di GOR Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Selasa (26/7).

Kadis P dan K Bireuen, Nasrul Yuliansyah menyampaikan kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari dan diikuti 1.300 peserta.

“Peserta terdiri dari guru dan siswa SD dan SMP dibagi dalam sesi pagi serta siang hari, dan acara turut dirangkai dengan nonton bareng film inspiratif,” ungkapnya.

Bupati Bireuen, Ruslan M. Daud menyampaikan, kegiatan ini dapat membuka sejarah terkait penjabaran nilai budaya karakter bangsa di Bireuen.

“Dengan penguatan nilai-nilai budaya bangsa, maka menjadi sarana mempromosikan Kabupaten Bireuen yang memiliki beragam potensi baik wisata, sejarah, budaya, kuliner serta sejarah perjuangan panjang dalam merebut kemerdekaan,” paparnya.

Sebelumnya, Kasubdit Geografi Sejarah Direktorat Sejarah Kemendikbud, Agus Widiatmoko mengatakan, terpilihnya Kabupaten Bireuen sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini karena dinilai memiliki sejarah tersendiri ketika awal kemerdekaan.

Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan persemaian nilai budaya dan nonton bareng ini bertujuan mengangkat kembali karya-karya anak bangsa yang mencoba membuat film yang berkarakter dengan nilai sejarah dan budaya bangsa.

“Mudah-mudahan film ini memberikan inspirasi kepada anak-anak didik kita, tidak hanya dalam film, tapi memaknai nilai sejarah budaya Aceh dan Indonesia” harapnya. [Rajali Samidan]

Related posts