Produksi tanaman pangan Aceh dinilai terus meningkat

Ilustrasi padi. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menilai Aceh sangat siap untuk menyongsong status sebagai lumbung pangan nasional. Karena, kata Zaini berdasarkan kecenderungan peningkatan produksi tanaman pangan Aceh dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan Zaini dalam sambutan singkatnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan pada acara Rapat Koordinasi Upaya Khusus (Upsus) Luas Tambah Tanam Padi dan Serapan Gabah Petani Aceh tahun 2016, Senin (25/7).

“Merujuk pada produksi hasil pertanian Aceh dari tahun ke tahun, kami semakin optimis bahwa Aceh merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi besar dalam bidang pertanian pangan,” ujar Dermawan.

Untuk mencapai target tersebut, kata Dermawan, gubernur selaku Kepala Pemerintahan Aceh berharap agar Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Pertanian, memberi dukungan penuh terhadap produksi sebanyak 2,55 juta ton pada tahun 2016 ini.

“Dukungan itu, antara lain melalui dana dekonsentrasi, tugas pembantuan, dan dana lainnya, sehingga keberhasilan program pertanian dapat dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Tahun 2016 ini, Pemerintah Aceh mengupayakan luas penanaman padi mencapai 512.756 hektare.

Hal ini bertujuan untuk mendukung target produksi gabah kering giling sebesar 2,55 juta ton atau naik dari produksi tahun lalu yang berkisar 2,3 juta ton. [Sammy/rel]

Related posts