Delay, ratusan penumpang Lion Air mengamuk

Pesawat Lion Air. (Tempo)

Tangerang (KANALACEH.COM) – Ratusan penumpang pesawat Lion Air mengamuk di Terminal I Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang-Banten, Senin (1/8) pagi. Kemarahan para penumpang dari sejumlah penerbangan domestik ini tersulut karena tak ada kepastian jam penerbangan, padahal sudah delay puluhan jam.

“Penumpang memang sempat marah, tapi saat ini kondisi sudah mulai kondusif,” ujar Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta Suriawan Wakan, Senin (1/8).

Wakan mengatakan penumpang yang mengamuk adalah penumpang pesawat Lion Air tujuan Banjarmasin. “Dini hari tadi, mungkin mereka menumpahkan kekesalannya karena belum terbang juga,” ucapnya.

Ratusan penumpang JT526 rute Cengkareng-Banjarmasin, menurut Wakan, baru take off pada pukul 06.00 tadi. “Tidak ada penumpang yang menghadang di landasan ataupun berdemo di apron. Informasi itu tidak benar,” ujarnya.

Yang ada, kata Wakan, penumpang berkumpul menunggu bus untuk diberangkatkan menuju pesawat yang terparkir cukup jauh dari gate.

Maskapai Lion Air mengakui, sejak Minggu (31/7), beberapa penerbangan Lion Air mengalami delay berkepanjangan dan mengakibatkan beberapa penerbangan terpaksa ditunda sampai Senin pagi ini.

“Penyebab utama dari delay ini adalah masalah operasional, karena kami harus mengganti kru dampak delay pada siang hari,” ujar Direktur Umum Lion Air Edward Sirait dalam keterangan tertulisnya.

Dampak masalah operasional itu, tutur Edward, Lion Air harus melakukan penggantian kru pada penerbangan tujuan Lombok, Bengkulu, Surabaya, dan Banjarmasin.

“Saat melakukan penggantian kru, kami terkena limitasi jam operasional bandara tujuan, sehingga kami harus menunda penerbangan sampai pagi hari ini.” [Tempo]

Berikut ini penerbangan yang mengalami delay panjang:

– JT650 rute Cengkareng-Lombok
– JT630 rute Cengkareng-Bengkulu
– JT590 rute Cengkareng-Surabaya
– JT582 rute Cengkareng-Surabaya
– JT526 rute Cengkareng-Banjarmasin

Related posts