Sikat Kolombia, Brasil pastikan tiket semifinal

Neymar. (Reuters)

Sao Paolo (KANALACEH.COM) – Brasil sukses mengantongi tiket semifinal cabang sepak bola Olimpiade Rio 2016. Di babak perempat final, Minggu (14/8), Tim Samba menyingkirkan Kolombia dengan skor 2-0.

Kedua tim silih berganti melakukan serangan sejak peluit dibunyikan wasit. Sayangnya hingga 10 menit laga berjalan, kedua tim belum mampu memanfaatkan peluang yang ada.

Neymar akhirnya membuka gol pada menit ke-12. Tendangan bebas jarak jauhnya tidak mampu ditahan kiper Kolombia, Cristian Bonilla.

Helibelton Palacios coba melakukan tendangan spekulasi dari jarak jauh pada menit ke-25. Namun usahanya itu melambung sedikit di atas gawang.

Dorlan Pabon mengancam gawang Brasil pada menit ke-37. Beruntung bek Brasil, Rodrigo Caio mampu melakukan halauan.

Pada menit ke-39, kericuhan terjadi diantara kedua tim. Neymar melanggar dengan keras Andres Roa dari belakang. Tak pelak jegalan itu membuat pemain Kolombia emosi sehingga memicu perselisihan hingga para pemain di bangku cadangan.

Beruntung Neymar hanya diberikan kartu kuning oleh wasit. Pertandingan pun kembali dilanjutkan setelah terhenti selama lima menit.

Setelah insiden itu pertandingan terus memanas. Neymar terus menjadi incaran pemain Kolombia setiap kali mendapatkan bola. Hingga babak pertama usai, Brasil unggul 1-0.

Pada menit ke-48, Brasil punya peluang melalui Neymar. Sayangnya sepakan jarak jauhnya masih bisa ditepis Cristian Bonilla. Gabriel Barbosa yang coba memanfaatkan bola muntah sudah terjebak offside terlebih dahulu.

Kolombia membalas peluang Brasil dua menit kemudian. Beruntung tendangan keras Dorlan Pabon masih bisa ditepis Weverton.

Kemelut terjadi di pertahanan Kolombia pada menit ke-54. Tetapi kesigapan kiper Bonilla membuat peluang tuan rumah menjadi sia-sia.

Neymar punya peluang pada menit ke-62. Namun sepakan jarak jauh pemain Barcelona itu masih belum tepat sasaran.

Brasil kembali mengancam pada menit ke-64 melalui sundulan Caio. Namun Bonilla langsung melakukan penyelamatan gemilang sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Kolombia terus menekan pertahanan Brasil untuk mengejar ketertinggalan. Tetapi serangan mereka tidak efektif karena kerap melakukan tendangan jarak jauh.

Brasil justru menambah keunggulan pada menit ke-82. Luan sukses mencetak gol melalui tendangan terukur dari luar kotak penalti yang tidak bisa ditahan Bonilla.

Hasil 2-0 pun bertahan hingga laga usai. Pada babak semifinal Brasil akan menantang Honduras, Rabu (17/8) malam WIB. [Liputan6]

Brasil: Weverton; Marquinhos, Caio, Santos, Zeca, Renato, Luan, Walace, Neymar, Gabriel/ Thiago (67), Gabriel Jesus

Kolombia: Bonilla; Tesillo,  Palacios, Balanta, Borja, Barrios/ Perez (46), Roa/ Rodriguez (80), Lerma, Gutierrez, Pabon, Preciado/ Borja (46)

Related posts