Aceh Tengah kabupaten pertama di luar Jawa miliki Layanan Kateterisasi Jantung

Peluncuran Layanan Laboratorium Kateterisasi Jantung di Rumah Sakit Umum Datu Beru Takengon, Senin (15/8). (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin secara meluncurkan Layanan Laboratorium Kateterisasi Jantung di Rumah Sakit Umum Datu Beru Takengon, Senin (15/8.)

Layanan kateterisasi jantung di tingkat kabupaten dan kota tersebut dinilai oleh Konsultan Penyakit Jantung Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Dr Muhammad Yamin sebagai yang pertama di luar jawa.

“Patut dibanggakan untuk di luar Jawa yang punya pelayanan jantung sampai tindakan kateterisasi, Aceh Tengah atau Takengon yang pertama,” ungkap Yamin saat peluncuran unit Lab Kateterisasi.

Bahkan, kata Yamin, ada provinsi di Indonesia yang belum memiliki unit layanan Lab Kateterisasi, padahal unit tersebut dapat menjadi layanan unggulan kesehatan masyarakat

“Semua sangat tergantung pada visi pimpinan daerahnya, karena keberadaan unit layanan kateterisasi diperlukan di daerah berkenaan dengan penyakit jantung yang perlu penanganan segera,” kata Yamin.

Keberadaan unit layanan Kateterisasi Jantung di Aceh Tengah, menurutnya akan terus mendapatkan pembinaan dan pengayoman dari RSCM dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia hingga benar-benar dapat beroperasional secara mandiri.

“Kami dari RSCM dan Fakultas Kedokteran UI akan terus memberikan pembinaan, bahkan saat ini perawat-perawatnya ada yang sedang dilatih di RSCM,” kata Yamin.

Sementara Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menanggapi peluncuran unit layanan jantung tersebut sebagai bentuk kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

“Fokus kami adalah memberikan pelayanan kesehatan, khususnya penyakit jantung yang selama ini dirasakan warga harus antri atau menunggu lama untuk ditangani,” tuturnya. [Sammy/rel]

Related posts