Ratusan warga Langsa saksikan pawai dan karnaval

Pawai karnaval pakaian adat memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kota Langsa, Kamis (18/8). (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – ratusan warga menyaksikan pawai dan karnaval pakaian adat yang diramaikan ribuan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan MTs dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kota Langsa, Kamis (18/8).

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Langsa, turut berpartisipasi meramaikan pesta kemerdekaan HUT RI ini dengan menampilkan atraksi barongsai.

Selanjutnya pawai alegoris yang menampilkan pakaian adat dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, para pelajar juga menampilkan pakaian TNI/Polri, dan PNS serta dihibur dengan kesenian daerah jawa (kuda kepang).

Start awal dimulai depan tribun Lapangan Merdeka kemudian memasuki halaman Pendopo Meuligoe Timue, di situ Wali Kota Langsa, Usman Abdullah melepas peserta pawai sekira pukul 08.00 WIB, didampingi Kapolres AKBP Iskandar ZA, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Inf Haris Isya Siregar, Ketua DPRK, Burhansyah, Ketua Pengadilan, Rahmat Hidayat, dan Asisten Pemerintahan Setda Langsa, Suriyatno.

Pantauan Kanalaceh.com di lokasi, ratusan warga yang datang dari berbagai gampong untuk menyaksikan pawai alegoris pakaian adat yang rutenya telah ditentukan oleh panitia pelaksana hingga kembali ke finis di Lapangan Merdeka Langsa membuat kemacetan arus lalu lintas di berbagai sudut kota.

Sementara itu, pawai sepeda hias, becak hias dan mobil hias dilaksanakan sekira pukul 14.30 WIB yang juga dipusatkan di depan tribun Lapangan Merdeka Langsa sedikit tidak terarah.

Sejumlah kendaraan hias banyak yang rusak dan hancur sejak dimulai akibat tabrakan karena rute yang dilalui tidak teratur sehingga pawai karnaval kendaraan hias menjadi tidak menentu dan amburadul. Akibatnya, banyak warga yang menyaksikan merasa kecewa. [Erza]

Related posts