Kadinkes: Tingkat pemberian ASI eksklusif saat ini masih rendah

Pertemuan Komunitas Aceh Peduli ASI dengan Gubernur Aceh di Pendopo Gubernur, Kamis (25/8). (Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh, dr. Hanif menegaskan bahwa tingkat pemberian ASI Eksklusif saat ini masih rendah.

Menurutnya, ada banyak faktor yang menjadi penyebab kegagalan pemberian ASI Eksklusif seperti kurangnya sosialisasi, minimnya fasilitas atau sarana, pelatihan dan sebagainya.

“Faktor yang paling sering adalah alasan bekerja,” kata dr. Hanif saat pertemuan Komunitas Aceh Peduli ASI dengan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah di Pendopo Gubernur, Kamis (25/8).

Ia mengatakan akan melakukan berbagai langkah seperti sosialisasi dan promosi kesehatan tentang ASI di seluruh rumah sakit maupun instansi kesehatan lainya agar program ASI Eksklusif dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah sangat berterima kasih atas dukungan yang disampaikan oleh Komunitas Aceh Peduli ASI. Sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam kata Zaini, sudah seharusnya Aceh menjalankan tuntutan agama agar setiap ibu menyusui dan memberi ASI.

“Bagi saya tidak ada alasan apapun, kita harus buat perubahan. Kalau kita ingin generasi yang sehat, generasi yang lebih baik di masa yang akan datang, kita harus mulai dari sejak mereka lahir,” kata Zaini.

Untuk itu, ia meminta agar dinkes atau komunitas yang peduli terhadap pemberian ASI eksklusif melakukan sosialisasi melalui seminar, pertemuan dan berbagai langkah lainya agar para ibu termotivasi untuk memberikan ASI Eksklusif.

“Kalau perlu, bentuk tim dan turun kelapangan, buat program rutin sehingga semuanya bisa terealisasikan,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts