Lima negara akan ramaikan festival rapai internasional 2016

Poster Festival Rapa'i Aceh. (acehrapaifest.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Festival rapai internasional akan dibuka Jumat (26/8) malam dan akan diikuti oleh lima negara. Grup kesenian dari lima negara tersebut berasal dari negara China, Thailand, Malaysia, Jepang, dan Iran.

“Grup kesenian dari internasional juga akan hadir meramaikan Aceh International Rapai Festival 2016 yaitu dari negara Cina, Thailand, Malaysia, Jepang, dan grup kesenian dari Timur Tengah, Iran,” sebut kadisbudpar Aceh, Reza Fahlevi.

Di samping itu, lanjut Reza, juga ada musisi dan penyanyi yang akan meramaikan Aceh International Rapai Festival 2016 di Taman Ratu Safiatuddin yaitu Rafly, Gilang Ramadhan, Tompi, Daood and Grove and Rool, dan Steven Thornton.

Selain itu, event yang terbuka untuk umum ini tidak saja menggelar pameran alat musik tradisional juga menjajakan beragam kuliner tradisional Aceh yang bisa langsung disantap dan dicicip di Taman Ratu Safiatuddin.

Pada even ini, kata Reza, masyarakat tidak saja diberi pemahaman apa itu rapai, jenis-jenisnya, dan dari mana daerah asalnya.

Selain itu juga, pengunjung bisa mengenal kebudayaan dan alat musik tradisional dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Pun dari Malaysia, Jepang, Thailand, Cina, dan Iran.

“Event ini terbuka untuk umum. Selain bisa disaksikan di Taman Sultanah Ratu Safiatuddin, juga digelar di Museum Tsunami Aceh, dan Taman Budaya,” kata Reza.

Rapai adalah alat musik perkusi tradisional Aceh yang termasuk dalam keluarga frame drum, yang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan.

Alat musik tradisional Aceh ini sering dimainkan  pada upacara adat antaranya seperti upacara perkawinan, sunat rasul, mengiringi tarian tradisional, dan pada hari peringatan keagamaan. [Randi]

Related posts