Joe Hart kiper Inggris pertama di Serie A

Joe hart. (AFP)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Tak banyak pesepakbola Inggris yang bermain di Serie A. Untuk posisi kiper, Joe Hart malah akan jadi yang pertama.

Hart pada Selasa (30/8) kemarin tiba di Kota Turin untuk menuntaskan transfernya ke Torino.

Meski belum ada pengumuman resmi dari Torino dan Manchester City, kepindahan kiper 29 tahun itu diyakini tinggal menunggu waktu saja untuk diresmikan ke publik.

Pindah ke Torino, Hart akan membuat sejarah tersediri. Dia bakal menjadi kiper Inggris pertama yang bermain di Serie A. Demikian dikutip dari Dailymail.

Meski sejarah permulaan sepakbola di Italia tidak bisa dilepaskan dari orang Inggris, tapi justru tak banyak pesepakbola Inggris yang bermain di negara tersebut.

Sejak era Serie A dimulai pada 1928/1929, tercatat cuma 27 pemain Inggris yang pernah bermain di sana. Hart akan menjadi pemain ke-28.

Karena tidak banyak pemain Inggris di Italia, tidak banyak juga yang tercatat meraih sukses. Bahkan nama-nama besar semisal Graeme Souness, Paul Ince, David Platt, hingga David Beckham tidak bisa dibilang tampil cemerlang selama periode bermain di Serie A.

Souness sempat semusim berseragam Sampdoria, di mana dia membuat delapan gol dari 56 penampilan.

Sementara Platt tercatat lima tahun bermain di Italia bersama tiga klub berbeda (Bari, Juventus, dan Sampdoria). Platt setidaknya memenangi Copa Italia bersama Sampdoria di tahun 1994.

Anda tentu masih ingat juga Paul Gascoigne. Bergabung dengan Lazio di 1992 dia merasakan empat tahun berkandang di Stadion Olimpico. Meski populer di mata fans, performa Gascoigne tidak spesial karena dia kerap cedera dan bermasalah dengan bobot.

Lalu ada Paul Ince yang memilih memperkuat Inter Milan di 1995 usai tujuh musim bermain bersama Manchester United. Bertahan di Italia selama tiga tahun, Ince tampil di 54 pertandingan dan membuat 10 gol.

Nama besar lainnya dari Inggris yang pernah main di Italia adalah Beckham. Dua kali memperkuat AC Milan di 2008 dan 2009, performa Beckham dinilai tidak konsisten.

Torino sendiri sebelumnya sudah pernah punya pemain asal Inggris. Mereka adalah Joe Baker dan Denis Law di tahun 1960-an.

Meski di jamannya kedua pemain itu dianggap sebagai duo striker dengan potensi besar, karier mereka tak bertahan lama di sana. Baker sempat melakukan penyerangan pada paparazi, dan menabrakkan Aston Martin tunggangannya ke patung Garibaldi.

Lalu, bakal seperti apa karier Joe Hart di Italia? [Detik]

Related posts