Kadinkes Banda Aceh: Pergub ASI perlu persiapan SDM dan tenaga pengganti

Workshop Pelaksanaan Skema JKN di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Kamis (1/9). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kadis Kesehatan Banda Aceh, dr. Media Yulizar mengatakan bahwa Pergub ASI bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu sangat baik dan karena itu ia mendukung, namun perlu persiapan dalam hal SDM dan juga harus adanya tenaga pengganti bagi yang diberikan cuti melahirkan.

Hal tersebut disampaikan Media Yulizar dalam Workshop Pelaksanaan Skema Jaminan Kesehatan Nasonal (JKN) Kaitannya dengan Kebutuhan Perempuan dalam Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Seksual di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Kamis (1/9).

“Seperti contoh di setiap puskesmas hanya ada satu orang ahli dan dua orang perawat, mendapatkan cuti persalinan ini perlu persiapan lain, yaitu pengganti dan SDM yang sama dari yang mendapatkan cuti bagi PNS tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam Pergub tersebut harus meninjau apakah PNS yang mendapatkan cuti ada memberikan ASI untuk anaknya selama masa cuti atau tidak.

“Untuk apa diberikan cuti yang hanya mubazir, cuti diambil tetapi program ASI eksklusif tidak diberikan kepada anaknya,” kata Media Yulizar. [Sammy]

Related posts