Umat muslim di Birmingham siap sambut Idul Adha 1437 H

Muslim London menunaikan shalat Jumat di Masjid Brune Street di Spitalfields, London, Inggris. (Stroomfront.org)

Birmingham (KANALACEH.COM) – Umat Muslim di Kota Birmingham, Inggris, tengah bersiap menyambut Idul Adha 1437 H. Di kota ini populasi umat Islam cukup banyak, sekitar 90 ribu orang.

Perayaan Idul Adha akan dilaksanakan di Small Heath Park, yang akan diawali dengan shalat ied pada pukul 08.30 pagi waktu setempat.

Warga disarankan untuk datang satu jam sebelum pelaksanaan shalat dimulai agar shalat dapat dimulai tepat waktu.

“Datang dan bergabunglah dengan kami dalam melaksanakan shalat Idul Adha di luar ruangan sesuai ajaran Nabi,” ujar penyelenggara, dikutip dari birminghammail.co.uk, Kamis (1/9).

Sama seperti perayaan Idul Fitri, umat Muslim Birmingham juga bersuka cita, akan memakai pakaian terbaiknya di Idul Adha. Mereka juga akan menyembelih hewan kurban setelahnya.

Hewan kurban yang disembelih biasanya kambing atau domba. Idul Adha menjadi ajang pembuktian jika umat Muslim juga mampu menyembelih hewan. Sebab selama ini hukum Inggris menegaskan hewan harus disembelih di rumah jagal.

Daging hewan-hewan tersebut kemudian akan didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan. Penyelenggara membantu menyalurkan distribusi itu.

Di Inggris, Idul Adha tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional. Namun, hal itu tak membuat warganya yang Muslim patah semangat untuk tetap merayakan Idul Adha dengan berkurban. [Republika]

Related posts