Kemen PPPA gelar pelatihan kepemimpinan untuk perempuan calon kepala daerah

Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, Syahrul membuka pelatihan Perempuan Potensial Calon Kepala Daerah serta sosialisasi hasil pemetaan kelembagaan dan peraturan menteri PPPA di Hotel The Pade, Kamis (15/9). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menggelar pelatihan Perempuan Potensial Calon Kepala Daerah serta sosialisasi hasil pemetaan kelembagaan dan peraturan menteri PPPA di Hotel The Pade, Kamis (15/9).

Asisten II Setda Aceh, Syahrul menyebutkan, banyak potensi yang ada pada diri perempuan. “Tinggal lagi, bagaimana mengkader perempuan sehingga kapabilitas dan kredibilitas mereka teruji sebagai pemimpin,” ujar Syahrul.

Ia menambahkan, perempuan harus tampil sebagai bagian dari subjek pembangunan agar ruang partisipasi pembangunan perempuan setara dengan laki laki. “Peningkatan kapasitas perlu dilakukan agar perempuan mampu bersaing dalam pemilu nanti,” ujar Syahrul.

Saat ini, keterwakilan perempuan di parlemen Aceh bahkan sangat minim. Di DPRA, dari 81 anggota dewan tercatat hanya 12 orang perwakilan perempuan. Sementara di DPRK, hanya 57 kursi yang diisi perempuan dari 650 slot yang tersedia. Untuk wali kota dan bupati, hanya Kota Banda Aceh yang diketahui dipimpin oleh perempuan.

Staf ahli bidang penanggulangan kemiskinan Kemen PPPA, Siti Khairijah Nasution menyebutkan pelatihan tersebut merupakan langkah strategis dalam menyiapkan pemimpin perempuan di masa mendatang. “Kita ingin meningkatkan kualitas perempuan dan memberikan pemahaman bahwa perempuan penting untuk terlibat menjadi kepala daerah,” ujarnya.

Siti menambahkan, pada pilkada tahun depan diharapkan bisa memberikan peluang keterlibatan perempuan yang signifikan.

“Dengan pelatihan ini, semoga bisa lahir perempuan-perempuan yang nantinya bisa terlibat dalam pilkada,” harapnya. [Sammy/rel]

Related posts