Sekda: Pembangunan kesehatan program prioritas Pemerintah Aceh

Peletakan batu pertama pembangunan gedung Pusat Diagnostik Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah Tgk Chik Di Tiro, Selasa, (27/9). (Humas Aceh)

Sigli (KANALACEH.COM) – Pembangunan kesehatan merupakan salah satu program prioritas pembangunan Aceh yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Aceh (RPJMA) tahun 2012-2017.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan pada acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Pusat Diagnostik Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah Tgk Chik Di Tiro, Selasa, (27/9).

Upaya Pemerintah Aceh membangun sektor kesehatan, kata Dermawan mulai menampakkan hasil. Salah satu indikatornya adalah penghargaan nasional yang didapat Aceh atas komitmen menjalankan agenda Millenium Development Goals (MDGs).

“Itu sebabnya, tahun ini, anggaran Aceh untuk pembangunan di bidang kesehatan mencapai 13 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, tambahnya, dalam rangka peningkatan dan pemerataan pelayanan kesehatan bagi seluruh wilayah di Aceh, Pemerintah Aceh juga telah memulai pengembangan Rumah Sakit Rujukan Regional untuk meningkatkan pelayanan kesehatan rujukan di wilayah Barat, Selatan, Tengah, Utara dan Timur Aceh.

“Kami berharap, dalam tiga tahun, pembangunan gedung baru rumah sakit yang menelan dana sebesar Rp150 miliar ini akan selesai dan dilengkapi dengan alat kesehatan yang modern,”  kata Dermawan.

Ia berpesan agar seluruh pihak terkait bisa memastikan pembangunan ini berjalan lancar. Dengan begitu, lanjutnya, tujuan Pemerintah Aceh untuk menyukseskan pembangunan bidang kesehatan dan tujuan meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat dapat segera terwujud. [Sammy/rel]

Related posts