Dua paslon Bupati Aceh Tamiang tidak lulus tes kesehatan

Salah satu paslon Cawalkot Langsa, Yuniar dan Heldiansyah Z Mard mendaftar ke KIP Langsa, Kamis (22/9). (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Dua bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang tidak lulus tes kesehatan yang diselenggarakan KIP Aceh Tamiang.

Menurut Sekretaris KIP Aceh Tamiang, calon yang tak lulus itu yaituyaitu pertama bakal calon bupati dari jalur perseorangan yakni Lukmanul Hakim dan yang kedua bakal calon wakil bupati dari jalur partai politik (Partai Aceh, Golkar dan Gerindra), T Yusni.

Dijelaskannya, kedua orang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang itu dinyatakan gagal dalam menjalani tes kesehatan psikologi, dan tes kesehatan ini tidak bisa diulang namun masih ada kesempatan bagi partai untuk menggantikan wakilnya.

Sedang lima bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang yang mengikuti tes kesehatan di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh yakni Rusman-T Yusni, kemudian Mursil-T Insyafuddin, Hamdan Sati-Izwardi, Iskandar Zulkarnain-Ahmad As’adi dan Lukmanul Hakim-Abdul Manaf.

Sementara lima pasang bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Langsa dinyatakan lulus tes kesehatan dari RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, sementara dua orang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari Aceh Tamiang dinyatakan tidak lulus.

Komisioner KIP Kota Langsa, Ngatiman T membenarkan bahwa kelima pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Langsa dinyatakan semua lulus tes kesehatan oleh pihak RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

Dari lima pasang bakal calon tiga di antaranya diusung parpol yakni pasangan petahana Usman Abdullah-Marzuki Hamid diusung PA dan didukung Partai Gerindra, Nasdem, PKS dan PPP, kemudian Yuniar-Herdiansyah Z Mard diusung Partai Golkar dan PAN, dan pasangan Fazlon Hasan-Syahyuzar Aka diusung Demokrat, PDI-P dan Hanura serta didukung partai nonparlemen PNA, PDA, PKB dan PKPI.

“Dan dua paslon lainnya yang lulus kesehatan maju melalui perseorangan yakni Asy’ari-Teuku Muhammad Nurdin serta pasangan Syaifuddin H Amin-Khairul Anwar,” ujar Ngatiman kepada Kanalaceh.com, Sabtu (1/10). [Erza]

Related posts