Bikin merinding, inilah aliran paling horor yang pernah ada

Asahara. (viva.co.id)

(KANALACEH.COM) – Teknologi makin maju, peradaban makin ke depan, tapi entah kenapa masih saja banyak orang-orang yang nggak bisa berpikir logis dan memutuskan untuk mengikuti sebuah kultus atau aliran tertentu. Seperti fenomena Dimas Kanjeng, kok bisa ya orang-orang percaya begitu saja jika seseorang bisa menggandakan uang dengan gampangnya. Padahal hal tersebut tentu adalah sesuatu yang mustahil dan akhirnya terbukti lewat tangan kepolisian.

Nggak hanya terjadi di Indonesia, di luar sana juga bertebaran kultus dan aliran tertentu. Nggak sekedar menggandakan uang, beberapa malah mengaku dirinya sebagai dewa bahkan sang Messiah. Lucunya, ada saja orang-orang yang mengikuti bahkan rela melakukan hal-hal gila bersama.

Dan berikut ini adalah beberapa kultus atau aliran yang bisa dibilang paling gila dan nggak masuk akal. Hanya orang-orang yang tidak bisa berpikir jernih yang masuk ke dalamnya.

Order of the Solar Templar

Order of the Solar Templar didirikan sebagai versi modern dari kultus Knight Templar. Mereka meyakini bahwa Yesus akan kembali dan secara aktif melakukan persiapan diri untuk kedatangannya. Perkumpulan ini memiliki rumah di Kanada, Australia, Swiss, dan banyak negara lainnya. Mereka banyak mengadopsi tradisinya dari Freemason dan budaya fiksi-ilmiah. Mereka juga percaya bahwa kematian hanyalah ilusi yang memungkinkan manusia untuk memasuki planet lainnya.

Pada tahun 1994, mereka percaya bahwa Yesus akan segera tiba sehingga mereka mulai melakukan hal gila seperti membunuh bayi dengan menusuk mereka menggunakan kayu karena dianggap sebagai anti-kristus. Tidak lama kemudian, 53 anggota melakukan bunuh diri di Kanada dan Swiss. Para anggotanya terus saling membunuh satu sama lain selama beberapa tahun hingga total kematian mencapai 74 orang.

 

Aum Shinrikyo

Aum Shinrikyo adalah sebuah kultus Jepang yang didirikan oleh instruktur Yoga yang hampir buta. Banyak orang berpendidikan tinggi seperti dokter, pengacara, dan ilmuwan menjadi anggotanya. Para profesional ini dimanfaatkan untuk membantu pemimpin kultus tersebut, Asahara, untuk mewujudkan cita-cita aliran tersebut.

Hal tergila selain ajaran sesat yang disebarkan oleh Asahara adalah ungkapannya soal kiamat yang bakal segera datang. Asahara kemudian mendeklarasikan sebagai Dewa lalu menyuruh pengikutnya melakukan hal-hal ekstrem. Termasuk mempersiapkan serangan besar-besaran kepada masyarakat Jepang non pengikutnya.

Pada tahun 1995, mereka melepaskan gas di kereta api bawah tanah yang membuat ribuan orang terluka dan menewaskan 12 orang. Untuk kejahatannya itu, Asahara dijatuhi hukuman penjara, tapi hal tersebut tidak membuatnya menyesal. Malah si pria gondrong ini menyesal tidak bisa membunuh lebih banyak orang.

 

Ant Hill Kids

Ant Hill Kids adalah sebuah kultus rahasia yang didirikan dan dipimpin oleh Roch Theriault yang mengaku bisa berhubungan langsung dengan Tuhan. Pengikutnya pun percaya-percaya saja dengan itu dan bahkan menganggap Roch adalah sang Messiah. Roch sendiri menyebarkan ajaran lewat seminar. Awalnya mungkin bagus dan bijak, tapi makin ke sini ajarannya semakin ngawur dan kelam.

Roch sang Messiah palsu ini sangat totaliter dalam menjalankan kultusnya. Ia seolah memegang kendali atas hidup semua anggotanya, termasuk dengan entengnya menghamili wanita-wanita pengikutnya. Atas hal gila yang dilakukannya Roch pun ditangkap lalu mendekam di penjara. Gilanya, begitu Roch keluar, para mantan anggota pun menyambutnya bak dewa dan langsung membentuk Ant Hill Kids untuk kedua kalinya.

 

People’s Temple

Kultus satu ini bisa dibilang yang paling ekstrem di dunia dan dipimpin oleh seorang pria bernama Jim Jones yang dianggap seperti seorang Nabi. Jim memang dikenal sangat karismatik dan kata-katanya seperti hujan di musim kemarau. Makanya nggak heran dalam waktu singkat pengikutnya pun membeludak. Bahkan Jim bisa menginisiasi berdirinya kultus itu di sebuah lahan luas di Guyana yang kemudian bernama Jamestown.

Jim Jones sangat dipercaya oleh pengikutnya. Bahkan ibaratnya kalau Jim menyuruh mereka mati, maka pengikutnya pun pasti mau melakukannya. Dan hal ini memang benar terjadi di tahun 70an. Ketika itu Jim menyuruh semua pengikutnya untuk meminum sianida karena satu dan lain hal. Lugunya, para pengikut Jim ini menenggak cairan tersebut tanpa beban. Akhirnya sekitar 900 orang meninggal dunia.

 

Manson Family

Manson Family adalah sebuah kultus kecil yang didirikan oleh Charles Manson. Manson mengaku kepada para pengikutnya jika dirinya adalah Messiah sang juru selamat. Lagi-lagi, para pengikutnya percaya saja dengan hal itu dan dibuktikan dengan loyalitas luar biasa. Termasuk mau melakukan hal-hal tidak masuk akal yang diperintahkan oleh Manson. Salah satunya adalah masuk ke rumah-rumah warga untuk kemudian memaksa mereka mengakui Manson sebagai Messiah.

Sudah beberapa kali aksi pemaksaan itu dilakukan. Dan yang paling fatal adalah apa yang dialami oleh Sharon Tate. Seleb Hollywood itu jadi korban kelompok Manson. Nggak hanya dipaksa, Tate bahkan dibunuh padahal ia tengah hamil 8 bulan. Atas apa yang dilakukannya Manson pun akhirnya mempertanggungjawabkan tindakannya. Hari ini ia masih sering berkata aneh-aneh soal dirinya ketika di penjara.

Mencari guru spiritual memang penting demi keseimbangan rohani. Tapi, harus selektif juga biar jadinya nggak ngawur. Telusuri riwayat sang guru, jangan sampai terbuai oleh hal-hal yang belum terbukti. Di zaman yang nggak menentu seperti sekarang kita memang harus terus berhati-hati.[Viva]

Related posts