Gubernur resmikan gedung rawat jalan RSJ Aceh

Gubernur Aceh diusulkan terima penghargaan bidang perkoperasian
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah meresmikan gedung rawat jalan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh di halaman rumah sakit setempat, Banda Aceh, Sabtu (15/10).

Zaini menyebutkan, berdasarkan data kesehatan tahun 2013, jumlah orang yang mengalami ganguan jiwa di Aceh terbesar di Indonesia yaitu 2,7 permil, jauh diatas prevalensi nasional yang hanya berkisar 1,5 permil.

“Aceh termasuk wilayah terbanyak mengalami penderita gangguan jiwa di Indonesia karena Aceh pernah mengalami konflik dan tsunami,” kata Zaini.

Untuk mengantisipasi itu, Pemerintah Aceh berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat secara komprehensif.

“Kepada masyarakat agar tidak memasung penderita gangguan jiwa melainkan membawa penderita gangguan jiwa ke rumah sakit. Karena biaya pengobatan ditanggung pemerintah melalui BPJS,” ujarnya.

Sementara itu, direktur RSJ Aceh, Dr Amren Rahim menjelaskan pengembangan rumah sakit jiwa merupakan suatu kebutuhan di Aceh, sebab permasalahan kesehatan jiwa di Aceh tinggi, sedangkan fasilitasnya terbatas.

“Selain itu kita juga menjemput penderita yang dipasung, ini berulang kali kami lakukan dan saya memimpin langsung,” katanya. [Aidil Saputra]

Related posts